Jember (ANTARA News) - Aparat Kepolisian Resor Jember, Jawa Timur menyiagakan 19 pos yang terdiri dari pos terpadu, pos pengamanan, pos pelayanan dan pos pantau di sepanjang jalur mudik Lebaran 2017 di daerah itu.

"Pos mudik Lebaran akan didirikan pekan ini untuk memfasilitasi para pemudik yang pulang ke kampung halamannya di Kabupaten Jember," kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo di Jember, Selasa.

Menurutnya pos pengamanan akan didirikan di Jalan Umum Desa Tayeng Kecamatan Sumberbaru, Jalan Umum Desa Garahan Kecamatan Silo, Wisata Pantai Pancer Kecamatan Puger, Wisata Pantai Watu Ulo dan Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) Kecamatan Wuluhan.

"Pos pengamanan tersebut berada di sejumlah lokasi yang rawan kecelakaan dan rawan tindak kriminalitas, sehingga diharapkan dengan pendirian pos pengamanan tersebut dapat menekan angka kecelakaan dan kriminalitas selama Lebaran," tuturnya.

Untuk lokasi pos pelayanan berada di Terminal Tawang Alun Kecamatan Rambipuji, Terminal Pakusari Kecamatan Pakusari, Terminal Arjasa Kecamatan Arjasa, Stasiun Kereta Api Jalan Wijaya Kusuma Kecamatan Patrang.

"Polisi akan disiagakan di sejumlah lokasi yang rawan kecelakaan dan rawan tindakan kriminalitas pos pengamanan itu, agar jalur mudik dan balik Lebaran benar-benar aman. Sedangkan pos pelayanan akan memberikan pelayanan kepada pemudik yang melintas," katanya.

(Baca juga: Jasa Marga siapkan 218 km tol fungsional sambut mudik)

Sementara pos pantau didirikan di Simpang Tiga Pondok Dalem Kecamatan Semboro, Alun-Alun Kecamatan Rambipuji, Simpang Empat Mangli Kecamatan Kaliwates, Bandara Notohadinegoro Kecamatan Ajung, Simpang Tiga Pasar Wirolegi Kecamatan Wirolegi, dan Cafe Gunung Gumitir Kecamatan Sempolan.

"Dengan disiagakan belasan pos tersebut diharapkan bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pemudik yang akan merayakan Lebaran bersama keluarga di Jember," ucapnya.

Polres Jember bersama Dinas Perhubungan Jember juga telah memantau kesiapan arus mudik dan mengecek lokasi yang akan didirikan pos terpadu, pos pengamanan, pos pantau, dan pos pelayanan mudik untuk Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Sesuai dengan rencana akan ada satu titik yang akan menjadikan pos pengamanan terpadu, yaitu di lokasi (jembatan) timbang barang," tuturnya.

Kabupaten Jember merupakan penghubung Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi, sehingga daerah rawan kecelakaan dan tanah longsor seperti jalur Gumitir akan diberi pengamanan lebih, serta kesiapan para personel kepolisian yang dibutuhkan setiap saat.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017