Sumenep, Jawa Timur (ANTARA News) - Pesawat terbang komuter ATR-72 milik PT Wings Abadi (Wings Air) bakal uji terbang percobaan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya ke Bandara Trunojoyo Sumenep, Jawa Timur, pukul 13.00 WIB Sabtu (22/7).

"Hingga Jumat siang sebagaimana hasil koordinasi terakhir kami dengan manajemen Wings Air, tidak ada perubahan jadwal," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo, Wahyu Siswoyo, di Sumenep, Jumat sore.

Dalam penerbangan percobaan itu, ATR-72 itu tidak membawa pemakai jasa penerbangan, dari Pulau Madura-Surabaya pulang-pergi.

"Secara teknis dan administrasi, pesawat ATR-72 milik Wings Air sudah siap melakukan penerbangan percobaan itu Namun, kami akan memastikan lebih dulu hasil pengeprasan gedung dua lantai milik SMA PGRI Sumenep yang merupakan salah satu objek penghambat," ujarnya, menerangkan.

Pada 2015, otoritas Bandara Trunojoyo telah mengirimkan surat kepada pihak terkait di Pemkab Sumenep tentang status bangunan SMA PGRI yang merupakan objek penghambat keselamatan penerbangan pesawat berkapasitas 70 penumpang atau sejenis ATR-72.

Bangunan SMA PGRI Sumenep itu berada di sebelah barat ujung landas pacu Bandara Trunjoyo dengan jarak sekitar 230 meter.

Sejak Rabu (19/7), pengelola SMA PGRI Sumenep melakukan pengeprasan terhadap gedung dua lantai tersebut yang berstatus objek utama penghambat keselamatan supaya rencana penerbangan percobaan oleh Wings Air bisa dilakukan.

"Informasi yang kami terima, pengeprasan gedung dua lantai itu akan selesai pada Jumat ini. Kami akan cek langsung kondisi riil di lapangan guna menghindari hal-hal tak diinginkan," kata dia.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017