Satria Muda fokus pematangan pemain muda

Satria Muda fokus pematangan pemain muda

Ilustrasi - Satria Muda Pertamina (satria-muda.com)

Jakarta (ANTARA News) - Klub bola basket Indonesia Satria Muda (SM) Pertamina menegaskan, untuk menghadapi musim baru liga, fokus tim adalah pengembangan dan pematangan para pemain muda, bukan penambahan pemain baru.

"Fokus kami adalah pematangan pemain muda dan mencari pemain asing yang bagus," ujar Vice President PT Indonesia Sport Venture, perusahaan penaung Satria Muda, Rony Gunawan, di Jakarta, Rabu.

Oleh karena itulah, Rony melanjutkan, kalaupun mencari pemain baru, SM hanya akan mendatangkan pebola basket berusia muda berpotensi yang bisa menjadi pilar tim di masa depan.

Nantinya, para pemain itu akan membaur dan mendapatkan pengalaman berlatih, bermain dan berkompetisi bersama deretan pebola basket senior juga berpengalaman SM seperti Christian Ronaldo dan Arki Dikania Wisnu.

Salah satu contoh keseriusan SM dalam menyuburkan bakat-bakat muda Indonesia di timnya adalah mendatangkan Rivaldo Tandra Pangesthio yang resmi dikontrak pada Senin (31/7) untuk jangka waktu tiga tahun.

Walau masih berusia 21 tahun, Rivaldomemiliki segudang pengalaman di dunia bola basket konvensional dan khususnya bola basket tiga lawan tiga atau 3x3, termasuk mewakili Indonesia di ajang Piala Dunia 3x3 2017 di Nantes, Prancis.

Berdasarkan data terkini Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), tepatnya sejak 31 Juli 2017, Rivaldo merupakan pemain 3X3 terbaik kelima di Indonesia dan sudah bermain di 108 kompetisi 3X3 resmi FIBA.

Sementara di duni bola basket konvensional, Rivaldo pernah membawa Universitas Pelita Harapan juara Liga Mahasiswa Nasional tahun 2015 dan 2016.

Dan di tahun 2016 itu, dia sekaligus berhasil menjadi pemain terbaik (MVP) dan menjadi pemain dengan rebound terbanyak atau "top rebound".

Namun, pada tahun pertama kontraknya di SM, Rivaldo masih berstatus pemain binaan yang belum akan bertanding di Liga Bola Basket Indonesia (IBL) musim baru 2017-2018. Namun, dia sudah dilibatkan dalam seluruh kegiatan klub, termasuk berlatih dan beruji coba.

Rivaldo dipastikan baru masuk dalam roster pada Liga Bola Basket Indonesia (IBL) musim 2018-2019, usai dia menyelesaikan pendidikannya di Universitas Pelita Harapan.

Ini memang kebijakan dari pemilik klub Erick Thohir yang menganggap pendidikan merupakan hal penting bagi seorang atlet yang suatu saat akan pensiun bermain.

"Rivaldo sendiri awalnya sempat bimbang karena juga mendapatkan tawaran dari klub lain. Namun akhirnya kami bisa meyakinkan dirinya dan dia memantapkan diri untuk bergabung dengan SM," kata Rony.

Rivaldo sendiri akan memperkuat SM dalam laga uji coba melawan Universitas Pelita Harapan di Britama Arena, hari ini, Rabu (2/8) mulai pukul 16.00 WIB.

Dalam pertandingan itu, SM tidak akan diperkuat lima pemain andalannya yaitu Christian Ronaldo Sitepu, Arki Wisnu, Vamiga Michel, Kevin Yonas dan Hardianus yang saat ini memperkuat tim nasional Indonesia yang beruji coba di Lithuania.

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar