Kementerian ESDM kampanye pelajar berperilaku hemat energi

Kementerian ESDM kampanye pelajar berperilaku hemat energi

Dokumentasi mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945, Aji Purnomo (kanan) dan Ika Pribadi Permana (kiri), saat mempersiapkan alat peraga penghemat energi listrik berbasis Program Logic Control di Kampus Universitas 17 Agustus, Surabaya, Jawa Timur, Senin (1/2). Alat tersebut dapat meminimalisir pemborosan energi listrik karena kelalaian petugas yang lupa mematikan listrik. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Denpasar (ANTARA News) - Kementerian ESDM mengajak pelajar untuk berperilaku hemat melalui lomba yang kreatif dan inovatif dalam menerapkan efisiensi energi.

"Lomba ini kompetisi yang merancang perilaku hemat energi kepada siswa SMP, SMA dan SMK sehingga mendorong mereka mempraktikkan pengetahuan dan aplikasi hemat energi baik di rumah, sekolah dan lingkungan sekitar, " kata Kepala Sub-Direktorat Bimbingan Teknis dan Kerja Sama Direktorat Konservasi Energi Kementerian ESDM, Gita Lestari, di Kuta, Kabupaten Badung, Kamis.

Dia mengatakan, generasi muda diharapkan menjadi agen perubahan yang mendorong budaya hemat energi di lingkungan rumah dan sekolah.

Lomba yang digelar sejak 2012 itu berlangsung selama tiga bulan mulai pertengahan Juli sampai Oktober 2017 yang diawali dengan pembekalan kepada para guru sebagai manajer energi.

Selama periode lomba, para guru dan siswa ditantang untuk berkreasi dan berinovasi untuk menerapkan dan menyebarkan sikap hidup hemat energi.

Setiap bulan, para siswa akan mengikuti berbagai kompetisi bulanan yakni membuat video, jingle (lagu dalam iklan), mural, poster, karya jurnalistik siswa dan fotografi dengan tema hemat energi.

Tahun ini, lomba itu digelar di lima kota, yakni Denpasar, Palembang, Bandung, Surabaya dan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi atau Jabodetabek yang diikuti 30 sekolah di masing-masing kota.

Pemerintah, lanjut dia, mendorong hemat energi masyarakat melalui kampanye potong 10 persen penggunaan energi.

Hemat energi, kata dia, dapat dilakukan dengan cara sederhana atau dikenal dengan sebutan tiga (3) M yakni mematikan lampu dan peralatan listrik, mencabut kabel setelah digunakan dan mengatur suhu ruangan jika menggunakan penyejuk ruangan atau AC.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Program bantuan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi dialihkan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar