Hong Kong (ANTARA News) - Penyerang China Zhang Yuning mencoba meredakan ekspektasi yang tumbuh di kampung halamannya setelah ia bergabung dengan klub Jerman Werder Bremen berstatus pemain pinjaman.

Pemain berusia 20 tahun itu direkrut oleh West Bromwich Albion dari klub Belanda Vitesse Arnhem dengan ikatan kontrak tiga tahun pada awal Juli, sebelum kemudian dipinjamkan ke klub Liga Jerman tersebut.

Langkah itu disambut hangat di negara kelahirannya ketika Zhang menjadi penyerang China pertama yang bergabung ke Liga Jerman sejak masa kerja lima tahun Yang Chen dengan Eintracht Frankfurt dan St Pauli berakhir pada 2003.

"Saya harus mengakui bahwa itu merupakan berita besar," ucapnya kepada situs resmi klub perihal reaksi di China mengenai kepindahannya.

"Tidak banyak pemain China yang bermain di Eropa, khususnya di lima liga besar."

"Saya begitu cepat berada di bawah tekanan media, teman-teman, namun juga orang-orang yang tidak mengenal saya sama sekali."

"Semua orang tiba-tiba berpikir bahwa saya adalah harapan baru sepak bola China, bahkan meski saya sendiri tidak berpikir seperti itu."

Zhang merupakan satu-satunya anggota skuad China besutan Marcello Lippi yang bermain profesional di Eropa, di mana sejumlah pemain China sedang bersiap untuk menguji diri di liga-liga besar dunia.

Ia menghabiskan dua musim di Belanda sebelum direkrut West Bromwich dan kemudian menuju ke Jerman karena masalah ijin kerja di Inggris.

Zhang bermain kurang dari sepuluh penampilan internasional penuh untuk negaranya, di mana penampilan terkininya terjadi saat mereka kalah 0-1 dari Bahrain.

(H-RF)

Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017