Ras Muhamad tampil di Pesta Rakyat HUT RI Budapest

Ras Muhamad tampil di Pesta Rakyat HUT RI Budapest

Penyanyi Muhammad Egar yang lebih dikenal dengan nama panggungnya, Ras Muhammad.(ANTARA News/Gilang Galiartha)

London (ANTARA News) - Pesta Rakyat HUT ke-72 Kemerdekaan RI di KBRI Budapest, Hongaria, yang diselenggarakan tepat setelah upacara Detik-detik Proklamasi berhasil membius penonton WNI dan sahabat Indonesia dengan penampilan Duta Reggae Indonesia Ras Muhamad selama sekitar lima jam pada Kamis (17/8).

Dubes RI untuk Hongaria Wening Esthyprobo, kepada Antara London, Jumat mengatakan, pesta rakyat HUT RI ke-72 berhasil membangkitkan semangat warga Indonesia di Budapest dengan panggung hiburan dan banjir hadiah.

Mengawali Pesta Rakyat, Dubes Wening dalam sambutannya menekankan pentingnya memelihara toleransi keberagaman sehingga tercipta kehidupan yang harmonis penuh kedamaian baik di Indonesia maupun di Hongaria.

"Indonesia berdiri atas dasar kemajemukan, perbedaan itu adalah suatu keniscayaan, kita yang saat ini tinggal di luar negeri harus bisa memelihara perbedaan itu sebagai aset modal dasar bernegara yang kita hargai bersama, ujarnya.

Ia mengatakan, dalam hubungan internasional, keberagaman suku dan budaya menjadi model keharmonisan hidup dan merupakan jati diri yang digunakan untuk berkiprah baik secara nasional maupun internasional.

Pesta Rakyat KBRI Budapest, selain dimeriahkan artis dan diaspora Indonesia, juga menyuguhkan tari dari Grup Tari dan Budaya LUCI (Legacy Unity Culture Indonesia), seniman tamu pada SummerFest International Folklore Festivals di kota Szashalombatta, Hongaria.

Tarian yang dibawakan Grup LUCI dengan iringan kendang, kenong dan seruling Minang dan Sunda dan kostum memikat mampu membuat penonton yang memenuhi halaman belakang KBRI berdecak dan bertepuk tangan riuh.

Sebagai penutup Pesta Rakyat tampil Duta Reggae Indonesia Ras Muhamad diiringi Budapest Riddim Band. Lirik-lirik nasionalis menggugah rasa satu bangsa satu saudara. Ras tidak hanya memukau, namun juga membuat penonton berjoget dan bernyanyi bersama.

Ras Muhamad tampil di Hongaria di sela tur Eropa dan Amerika Latin musim panas tahun ini. Sebelumnya Ras Muhamad tampil di beberapa kota di Hongaria seperti Cegled dan Budapest serta Jerman seperti Hamburg, Berlin dengan menggoyang panggung utama ReggaeJam di Bersenbruck. Ras juga akan memeriahkan Pesta Rakyat di Wina, Austria.

Salah satu perusahaan penerbangan asing membuka stan pada Pesta Rakyat kali ini dan menawarkan promosi penerbangan Budapest-Denpasar-Budapest dengan harga promo sebesar 500 euro yang diharapkan akan menarik minat wisatawan Hongaria untuk berlibur ke Indonesia.

(Baca: Ras Muhamad tampil di panggung reggae Hongaria)

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar