Manado (ANTARA News) - Pemerintah kota (Pemkot) Manado menyumbangkan 11 ekor hewan kurban untuk seluruh kecamatan setempat dalam rangka hari raya Idul Adha 1438 Hijriah.

"Hewan kurban akan diserahkan melalui Panitia Hari Besar Islam (PHIB) Kota Manado, untuk diteruskan ke 11 Masjid di 11 kecamatan," kata Plt Sekretaris Daerah Kota Manado, Rum Usulu, di Manado, Senin.

Dia mengatakan, hewan kurban memang disalurkan untuk kecamatan sehingga setiap tahun berganti masjid di 87 kelurahan, dan diupayakan agar diterima oleh seluruh yang tidak mampu.

Usulu mengatakan, seluruh hewan kurban yang disediakan Pemkot Manado adalah sapi yang nanti akan melewati tahapan pemeriksaan oleh petugas dari dinas pertanian kelautan dan perikanan Manado.

"Hewan kurban diperiksa kelayakan oleh tim, baik sebelum disembelih maupun sesudahnya sehingga bisa diketahui apakah layak atau tidak," katanya.

Pemeriksaan hewan kurban, menurut Usulu, terdiri dari penyakit mulut dan kuku, nanti akan diserahkan sehari sebelum Idul Adha, di lapangan Tikala.

Usulu mengatakan, memang penyaluran hewan kurban oleh pemerintah sudah menjadi tradisi yang dilakukan setiap tahun, sebagai tanda perhatian dari pemerintah kepada umat yang berhari raya kurban.

Dia berharap pembagian hewan kurban tersebut bisa menjadi motivasi bagi masyarakat Manado khususnya umat Islam untuk berkorban bagi sesama dan membantu masyarakat yang berkekurangan.

Pewarta: Joyce Bukarakombang
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017