... Gatot Kaca beratnya 1,25 ton saya tawarkan Rp75 juta dan Seno berat 1,1 ton saya jual Rp65 juta...
Magelang, Jawa Tengah (ANTARA News) - Sapi berukuran jumbo milik warga lereng Gunung Merapi di Dusun Gowok, Desa Polengan, Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ditawarkan Rp75 juta rupiah.

Pemilik sapi jumbo, Nur Waluyo di Magelang, Selasa, mengatakan ada dua ekor sapi yang dilakukan penggemukan, yakni jenis simental dan brahma, diberi nama Gatot Kaca dan Seno.

"Untuk Gatot Kaca beratnya 1,25 ton saya tawarkan Rp75 juta dan Seno berat 1,1 ton saya jual Rp65 juta," katanya.

Ia menuturkan Seno sudah ada yang menawar Rp55 juta dan Gatot Kaca ditawar Rp70 juta, namun belum dilepas.

Ia mengatakan Seno dibeli saat usia tiga tahun dengan berat badannya 500 kilogram seharga Rp24 juta dan Gatot Kaca dibeli pada usia empat tahun dengan berat 600 kilogram seharga Rp26,5 juta.

Menurut dia setelah dipelihara dengan pakan berupa rumput, bekatul, ketela, konsentrat, dan pollard (ampas gandum) bobotnya terus naik.

Ia berharap menjelang Idul Adha ini ada warga yang mau membeli sapi peliharaannya.

"Sebenarnya saya pingin seperti di Jawa Timur, ada peternak yang berhasil kemudian ternaknya dibeli pejabat. Tetapi sekarang siapa saja boleh membelinya," katanya.

Seperti diketahui pada tahun 2016, Waluyo juga berhasil memelihara sapi berukuran jumbo yang diberi nama Sembodo seberat 1,25 ton dan Bimo seberat 1,2 ton. 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017