Jakarta (ANTARA News) - Yayasan Hockey Indonesia (YHI) menggelar Bali Hockey Festival (BHF) 2017 di Lapangan Banteng, Seminyak, Bali pada 30 September-1 Oktober 2017. Gelaran tahunan ini merupakan yang ke-empat kalinya. 

“Tahun ini ada 25 tim yang berpartisipasi,” kata Ketua YHI, Iwan Barata dalam rilisnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Perhelatan yang mengusung konsep ‘Hockey Holiday in Bali’ ini menarik perhatian tim-tim dari dalam dan luar negeri. Untuk peserta luar negeri, Iwan mengatakan, panitia sudah mendapatkan konfirmasi dari tim-tim asal Malaysia, Singapura, Hongkong, dan Brunei Darussalam. 

“Animo yang besar dari tim mancanegara yang dari tahun ke tahun meningkat,” ujar Iwan. 

Pada BHF 2017 ini ada 19 tim putra dan 6 tim putri yang bakal bertanding. Panitia menggunakan sistem setengah kompetisi dan membuka peluang bagi setiap tim untuk bersaing dalam tiga divisi. Masing-masing, Cup Division, Plate Division, dan Bowl Division. Pembagian divisi ini memungkinkan tim yang sama kuat bersaing dalam satu kompetisi.

“Juara pada Cup Division, putra dan putri akan dicatatkan dalam Rudolf Moal Shield. Ini penghargaan kepada salah satu pendiri yayasan yang selama hidupnya sangat mendukung kegiatan kami,” terang Iwan. 

Kegiatan serupa BHF diselenggarakan juga di negara-negara tetangga seperti Singapore Cricket Club, Hong Kong Faster, Vietnam Festival dan Malaysia. Setiap negara menggabungkan kegiatan olahraga hockey dengan konsep pariwisata. Cara ini dapat menarik animo pecinta olahraga hockey untuk bermain dengan tim-tim baru di luar negeri. “Ada yang masih aktif sebagai pemain hockey atau veteran,” tambah Iwan. 

Penyelenggaraan BHF 2017 ini mendapat dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Komisi X DPR RI, serta Federasi Hockey Indonesia. 

Salah satu peserta dari Indonesia, Michael yang mewakili pengurus Unit Hockey Universitas Padjadjaran sebagai kesempatan belajar dengan pemain asing. “Bisa menambah jam terbang kami,” ujar Michael. 

Tim lokal lain yang turut memeriahkan kegiatan BHF 2017 ini, antara lain, Trisakti HC dan Mandala.

Pewarta: Tasrief Tarmizi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017