Padang (ANTARA News) - Maskapai Lion Air membuka layanan penerbangan umrah rute Padang-Madinah melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sumatera Barat, dengan penerbangan pertama pada 15 November 2017.

"Penerbangan ini merupakan terobosan yang kami lakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang hendak menunaikan ibadah umrah," kata General Manajer Service Lion Air Group, Ary Azhari, di Padang, Rabu.

Penerbangan perdana dari Padang menuju Madinah dimulai Rabu (15/11), dengan jumlah penumpang 175 orang, menggunakan pesawat Boeing 737 Max 8.

Ia menjelaskan penerbangan itu adalah penerbangan langsung ke tempat tujuan, dimana pemberhentian hanya dilakukan sekali di Trivandrum, India, selama 30 menit untuk pengisian bahan bakar.

"Penerbangan langsung ini akan sangat berguna bagi jamaah lanjut usia. Begitu terbang dari BIM turunnya di Tanah Suci. Tidak perlu transit-transit di beberapa negara seperti biasanya, atau kembali mengulang proses check in," jelasnya.

Selain Padang-Madinah, Lion Air juga melayani rute penerbangan Padang-Jeddah. Kedua rute dijadwalkan berangkat sekali dalam seminggu.

Dia mengklaim penerbangan umrah Padang-Madinah memiliki keterisian penuh penumpang dengan persentase 100 persen hingga Februari 2018.

Pewarta: M. R. Denya Utama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017