Jakarta (ANTARA News) - Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip hari ini memperingati genap 70 tahun usia pernikahan mereka yang merupakan  pasangan keluarga kerajaan Inggris pertama yang merayakan usia platinum pernikahan kerajaan.

Berpuluh-puluh tahun usia pernikahan sang ratu yang merupakan kepala negara yang paling lama memerintah Inggris, telah melampaui usia pernikahan keluarga monarki Inggris sebelumnya.

Pasangan kerajaan ini tak akan menggelar acara untuk publik, melainkan hanya mengundang keluarga dan sahabat ke Kastil Windsor untuk jamuan makan malam Senin malam waktu Inggris nanti.

Tak lama lagi hari ini lonceng-lonceng di Westminster Abbey di mana Elizabeth dinikahi Duke of Edinburgh pada 20 November 1947 akan dibunyikan secara bersamaan.

Sabtu pekan lalu Istana Buckingham mengeluarkan potret baru Ratu dan Pangeran yang sebelumnya telah diambil belum lama bulan ini di  Ruang White Drawing di Kastil Windsor.  Mereka disandingkan dengan potret karya Thomas Gainsborough pada 1781 mengenai Raja George III dan Ratu Charlotte, yang usia pernikahannya 57 tahun pada abad 18 dan 19. Keduanya merupakan keluarga kerajaan paling lama sebelum Elizabeth II dan Philip.

Kantor pos Inggris, Royal Mail, menerbitkan enam perangko baru demi memperingati ulang tahun ke-70 pernikahan Ratu Elizabeth II. Di antara enam perangko itu tertera foto saat pasangan itu mengumumkan bertunanan di Istana Buckingham, pernikahan mereka di Westminster Abbey, dan bulan madu pertama mereka Hampshire, demikian AFP.

Pewarta: Antara
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017