Harare (ANTARA News) - Leo Mugabe mengatakan pada Minggu (26/11) bahwa pemimpin terguling Robert Mugabe dalam kondisi sehat dan cukup gembira setelah dipaksa mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Zimbabwe, saat perebutan kekuasaan mengakhiri pemerintahannya selama 37 tahun

"Dia baik-baik saja. Saya sudah bertemu dengannya, dia cukup gembira," ungkap Leo Mugabe, putra mendiang adik perempuan Robert Mugabe, Sabina, kepada AFP.

"Dia menantikan kehidupan barunya, bertani dan tinggal di rumah di kawasan pedesaan. Dia menerimanya dengan lapang dada."

Leo Mugabe enggan membicarakan bonus pensiun senilai 10 juta dolar AS (sekitar Rp135,1 miliar) yang kabarknya diberikan kepada mantan presiden berusia 93 tahun itu sebagai bagian dari kesepakatan untuk membujuknya agar mengundurkan diri pada Selasa.

Dia menambahkan bahwa istri Robert Mugabe, Grace, sekarang fokus melaksanakan rencana untuk membangun sebuah universitas untuk menghormati Mugabe.

"Saya suka dengan semangatnya, dia (Grace) bersama dengannya sepanjang waktu. Dia orang yang luar biasa. Dia ingin terus merencanakan Robert Mugabe University, jadi ada sesuatu yang harus mereka lakukan," imbuhnya.

Pada Agustus, Zimbabwe mengumumkan rencana untuk membangun universitas pascasarjana dengan anggaran satu miliar dolar (sekitar Rp13,5 triliun) di Mazowe, 35 kilometer di luar Harare, demikian AFP. (mr)




Pewarta: Antara
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017