* Investasi seri A baru dalam platform pembayaran tagihan ponsel di Indonesia dan broker hipotek digital di Belanda
* Sebelumnya, Finch Capital beroperasi di bawah brand Orange Growth Capital. Brand baru ini mencerminkan fokus firma tersebut terhadap teknologi keuangan global
* Eropa dan Asia Tenggara jadi pasar penting untuk berinvestasi


AMSTERDAM & LONDON & JAKARTA, Indonesia--(Antara/BUSINESS WIRE)-- Finch Capital, firma modal ventura teknologi keuangan, memimpin investasi Seri A untuk dua perusahaan: yakni investasi di Ayopop, platform pembayaran tagihan ponsel Indonesia dan investasi senilai 2 juta Euro di Ikbenfrits, broker hipotek digital yang berbasis di Belanda, demikian diumumkan firma tersebut hari ini. Finch Capital akan menggandeng dewan direksi kedua perusahaan.

Dengan kantor di Amsterdam, London dan Singapura, Finch Capital berinvestasi dalam perusahaan teknologi inovatif yang mendorong transformasi industri jasa keuangan. Perusahaan portfolionya memecahkan berbagai masalah terkait dengan sistem jasa keuangan lawas serta berinovasi guna meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya dan memperbaiki interaksi pelanggan.

Radboud Vlaar, Mitra di Finch Capital berkata: "Kami adalah satu-satunya pemodal ventura fintech yang fokus pada perusahaan rintisan di Eropa maupun Asia dan melihat adanya inovasi signifikan di pasar-pasar ini. Di Eropa, jasa keuangan mewakili 30% PDB: ia sudah cukup mapan namun siap berinovasi. Sebaliknya, di Asia Tenggara, peluangnya terletak pada teknologi baru yang, untuk pertama kalinya, menyediakan jasa keuangan kepada pasar besar yang kurang terlayani. Kami khususnya tertarik pada Indonesia karena negara itu diprediksi akan menjadi ekonomi terbesar keempat di dunia pada 2050[1]. Dinamika pasar ini memberikan peluang investasi yang menarik bagi kami."

Hans de Back, Mitra di Finch Capital mengomentari investasi Finch Capital di Indonesia: "Platform Ayopop memberi konsumen cara efisien melakukan pembayaran tagihan dan menggambarkan bagaimana pelanggan menggunakan berbagai cara baru untuk mencapai hal ini. Kami terkesan akan pertumbuhan, pelaksanaan dan pengembangan produk Ayopop. Ayopop telah menjadi solusi pembayaran di satu atap bagi konsumen di Indonesia yang memperhatikan beragam kebutuhan mereka. Kami ingin bekerjasama dengan tim tersebut selama tahap pertumbuhan selanjutnya."

Kata Radboud Vlaar tentang investasi Finch Capital di Ikbenfrits: "Sejak didirikan pada 2015, Ikbenfrits telah memberi efisiensi signifikan kepada industri proptech, dengan mentargetkan ceruk hipotek pembiayaan kembali. Meskipun Belanda adalah pasar hipotek terbesar kedua di Eropa, negara itu hingga kini telah terfragmentasi dan sulit dijelajahi. Kami ingin bekerjasama dengan tim Ikbenfrits, yang dalam waktu singkat telah menguasai pangsa pasar on-line di kawasan ini, membuktikan kegunaan dan potensi perusahaan tersebut untuk meningkat.¿

Finch Capital bekerjasama erat dengan perusahaan portfolionya yang membantu mereka memasuki pasar target. Investasinya baru-baru ini mencakup: broker hipotek digital Inggris, Trussle; platform asuransi Belanda, Digital Insurance Group; Perusahaan perangkat lunak wawasan pelanggan Swiss, Squirro; Perusahaan otomatisasi kebijakan keamanan Spanyol, Intelliment; dan penyedia jasa keuangan digital Indonesia, Cermati.

Finch Capital adalah brand baru firma ini dan dananya, Finch Capital Fund II, yang sebelumnya masing-masing bernama Orange Growth Capital (OGC) dan OGC Fund II. Semula bernama "Orange" yang mencerminkan warisan Negeri Belanda, nama baru tersebut mencerminkan jangkauan global firma ini dengan menekankan pada Eropa dan Asia Tenggara. Adapun OGC Fund I (dana TIK Belanda dan Growth Fund I) tak akan berubah nama.

Tentang Finch Capital

Finch Capital adalah firma modal ventura yang berinvestasi dalam perusahaan inovatif yang mengubah sektor jasa keuangan di Eropa dan Asia Tenggara. Investasi firma tersebut meliputi berbagai perusahaan vertikal termasuk perangkat lunak (manajemen pelanggan dan data, infrastruktur, keamanan, solusi AI/ML), pasar (asuransi, brokering hipotek, deposito/pinjaman, perbaikan mobil) dan pembayaran (pengiriman, PSP).

Finch Capital adalah investor minoritas signifikan yang fokus pada pendanaan Seri A untuk perusahaan jasa keuangan dan teknologi keuangan (fintech). Timnya melayani dewan direksi perusahaan portfolio untuk ikut menetapkan strategi serta mendukung wirausahawan dengan pendekatan pemasarannya, pengembangan produk, menyewa dan mendanai rencana untuk mengembangkan perusahaan.

Beroperasi dari kantor di Amsterdam, London dan Singapura, Finch Capital mentargetkan pusat-pusat fintech di Eropa termasuk London, Amsterdam, Berlin, Zurich, Paris dan Stockholm serta pusat di Asia Tenggara termasuk Jakarta, Singapura dan Kuala Lumpur.

Untuk informasi selengkapnya, klik www.finchcapital.com

Tentang Ayopop

Ayopop adalah platform pembayaran tagihan ponsel terkemuka Indonesia. Ia mengumpulkan ratusan produk tagihan dari Perusahaan Utilitas, Kreditur, Asuransi, Bank dan badan Pemerintah serta membantu lembaga mengelola penagihan uangnya lebih baik.

Ayopop bertujuan menyederhanakan kehidupan jutaan orang Indonesia yang membutuhkan produk-produknya secara reguler. Platform manajemen keuangan tersebut membantu kelas menengah yang berkembang di Indonesia agar tetap bisa mengontrol pembayaran tagihan bulanan mereka dan meningkatkan kemampuan finansial. Ayopop menawarkan 15.000 lokasi penagihan tunai di seantero negeri guna melayani pula sektor yang belum terjangkau jasa perbankan dan mendorong inklusi keuangan. Informasi selengkapnya di www.ayopop.com

Tentang Ikbenfrits

Ikbenfrits didirikan pada 2015 untuk memberikan layanan broking hipotek yang lebih efisien dan fokus pada pasar hipotek perumahan Belanda. IBF memberi pelanggan kombinasi layanan terpersonalisasi dengan otomatisasi untuk tugas-tugas biasa seperti penyerahan dokumen serta memeriksa, menemukan dan mengupayakan agar perjanjian diterima seketika dan merampingkan helpdesk sehingga memberi pengguna alternatif yang efisien dan lebih murah terhadap broker tradisional. Perusahaan tersebut menguasai pangsa pasar online di Belanda untuk ceruk hipotek pembiayaan kembali dan menangani pengajuan hipotek senilai lebih dari 150 juta Euro.

Informasi selengkapnya di www.ikbenfrits.nl

[1] https://www.pwc.com/gx/en/issues/economy/the-world-in-2050.html

Lihat versi aslinya di businesswire.com: http://www.businesswire.com/cgi-bin/mmg.cgi?eid=51721996&lang=en

Kontak
Pertanyaan:
Pers:
Rebecca Geller, Geller PR
+44 7967 673 733
press@finchcapital.com
atau
Pertanyaan umum:
Annette Wilson, Partner, Finch Capital
+44 7796 266 201
annette@finchcapital.com

Sumber: Finch Capital

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.



Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2017