Emilia ingin berlatih di Amerika demi Asian Games

Emilia ingin berlatih di Amerika demi Asian Games

Dokumentasi Pelari DKI Jakarta Emilia Nova mengibarkan bendera provinsinya di atas podium seusai lomba nomor lari gawang 100 meter putri PON XIX di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2016). Emilia Nova berhasil meraih medali emas setelah mencatatkan waktu tercepat 13,35 detik sedangkan perak diraih Dedeh Erawati (13,56 detik) dan perunggu diraih atlet NTB Rohani (14,14 detik). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A./)

Saya butuh kejuaraan-kejuaraan uji coba. Sebelum mengikuti SEA Games 2017, kejuaraan internasional yang saya ikuti masih sedikit, baik untuk nomor lari gawang maupun sapta lomba."
Jakarta (ANTARA News) - Atlet atletik nasional nomor sapta lomba putri Emilia Nova mengharapkan dapat berlatih di Amerika Serikat demi memacu persiapan jelang keikutsertaan dalam Asian Games 2018.

"Saya butuh mitra latihan karena selama ini saya merasa latihan sendiri pada nomor sapta lomba. Saya selama ini berlatih dengan atlet-atlet putra untuk mengimbangi kekuatan fisik," kata Emilia selepas mengikuti nomor lari estafet putri dalam Kejuaraan Nasional Atletik 2017 di Stadion Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis.

Emilia turun pada dua nomor dalam Kejurnas 2017 yaitu lari gawang 100 meter putri dan lari estafet 4x100 meter putri mewakili DKI Jakarta.

Atlet yang juga mahasiswi Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta itu pelatihan di Amerika Serikat akan mendukung pola latihannya termasuk kedisplinan dalam mengatur pola makan dan penanganan cedera.

"Mereka ketika berlatih, tim medis sudah siap sedia jika terjadi cedera pada atlet. Tim medis akan langsung menangani baik dengan kompers, pijatan, atau tindakan lain," kata Emilia.

Emilia mengaku masih mampu bersaing dengan atlet-atlet asal ASEAN dalam Asian Games 2018 tanpa harus berlatih di Amerika Serikat.

"Saya butuh kejuaraan-kejuaraan uji coba. Sebelum mengikuti SEA Games 2017, kejuaraan internasional yang saya ikuti masih sedikit, baik untuk nomor lari gawang maupun sapta lomba," kata atlet berusia 22 tahun itu.

Atlet peraih medali perak nomor sapta lomba SEA Games 2017 itu mengaku tidak mendapatkan target dari pelatih Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) jelang kejuaraan uji coba Asian Games cabang atletik di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Februari 2018.

"Pelatih menargetkan hanya dalam Asian Games pada Agustus 2018. Pelatih akan memprogramkan uji coba tiga hingga empat kali untuk nomor lari gawang dan satu kali untuk nomor sapta lomba setelah kejuaraan uji coba Asian Games," katanya.

Emilia mengatakan akan fokus pada nomor lomba lari gawang putri Asian Games dengan pesaing utama atlet Jepang dan atlet Korea Selatan.

"Saya akan turun pada dua nomor. Tapi, saya ingin fokus pada nomor lari gawang lalu sapta lomba. Saya harus menyimpan banyak tenaga pada sapta lomba karena para pesaing akan mengerahkan seluruh kemampuan mereka," ujar Emilia.

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar