Pangkalpinang (ANTARA News) - Muatan kapal ro-ro rute Pelabuhan Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung - Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta didominasi truk angkutan sembako, sementara penumpang sepi menjelang dan selama liburan Natal dan Tahun Baru 2018.

"Saat ini muatan kapal penumpang masih didominasi truk angkutan sembako," kata Plh KSOP Pangkalbalam Hasoloan Siregar di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan muatan kapal Star Belitung tiba di Pelabuhan Pangkalbalam dari Jakarta pada Selasa (26/12) pukul 09.00 WIB hanya membawa penumpang 24 orang dan truk bermuatan sembako 50 unit.

Selanjutnya muatan Srikandi tiba di Pelabuhan Pangkalbalam dari Jakarta pukul 06.00 WIB hanya membawa penumpang 32 orang dan truk sembako 66 unit.

"Diperkirakan muatan kapal penumpang ini akan terus didominasi truk sembako dan kendaraan pribadi hingga Tahun Baru nanti, karena masyarakat lebih memilih angkutan udara untuk bepergian berlibur tahun baru," katanya.

Ia mengatakan dalam sepekan terakhir ini kedatangan dan keberangkatan kapal masih berjalan lancar, karena kondisi cuaca yang sudah membaik untuk pelayaran kapal penumpang dan barang.

"Saat ini belum ada penundaan keberangkatan kapal dan kondisi di terminal pelabuhan masih kondusif," katanya.

Kapospam Natal dan Tahun Baru Pelabuhan Pangkalbalam, AKP Sudarman mengatakan keamanan di pelabuhan masih aman dan terkendali.

"Hingga saat ini keamanan pelabuhan masih kondusif, aman, tertib dan lancar," katanya.

Namun demikian, kata dia pihaknya terus meningkatkan keamanan untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan yang akan mengganggu keamanan dan kenyamanan calon penumpang kapal.

"Kami terus siaga 24 jam, meski penumpang kapal laut sepi menjelang Natal dan Tahun Baru," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017