Jakarta (ANTARA News) - Berdasarkan laporan iPrice merujuk dari data Google Temasek, ketertarikan konsumen terhadap e-commerce tumbuh pesat di Asia Tenggara.

Pada 2017, Google Temasek juga melihat beberapa fenomena menarik terkait pertumbuhan e-commerce di Indonesia, termasuk kampanye belanja online besar-besaran dari e-commerce.

Berikut temuan iPrice berdasarkan tiga kampanye belanja online terbesar di Indonesia.

1. Bulan Ramadhan
Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, bulan Ramadhan menjadi salah satu momen besar di Indonesia. iPrice menemukan fakta menarik mengenai perilaku konsumen Indonesia saat bulan Ramadhan di tahun ini.

Masyarakat Indonesia menggunakan waktu sahur sebagai waktu untuk berbelanja online. Terdapat lonjakan sebanyak 400 persen saat pukul 5.00 waktu setempat pada periode ini.

Konsumen Indonesia juga berbelanja online saat jam makan siang, yakni meningkat sebesar 50 persen.

2. Single's Day 11.11
Saat periode Single's Day, iPrice juga melakukan perbandingan popularitas e-commerce di Indonesia dan menganalisa perilaku belanja konsumen online.

iPrice menemukan bahwa Lazada, Shopee, dan Bukalapak adalah e-commerce yang paling populer di mayoritas provinsi di Indonesia.

Terdapat lonjakan search interest pada Lazada saat pukul 01.00 dan 13.00. Popularitas Tokopedia tetap tinggi meskipun mereka tidak berpromosi khuus apa pun selama periode Single's Day

Setelah 11.11, search interest semua e-commerce turun dan kembali seperti biasa.

3. Promo Hari Belanja Online Nasional 12.12
Setelah promo 11.11, iPrice juga mengumpulkan data perilaku konsumen saat periode Harbolnas menggunakan data Google Trends.

iPrice menemukan, lima besar e-commerce yang paling populer selama Harbolnas adalah Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Zalora.

Lazada mengalami peningkatan search interest yang cukup signifikan pada 11 Desember 2017 pukul 21.00 waktu setempat. Hal ini dikarenakan acara konser spesial mereka di salah satu stasiun televisi nasional.

Lonjakan drastis pada semua lima besar e-commerce pada 12 Desember 2017 pukul 10.00-13.00.





Simak data visual iPrice di sini

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017