Jakarta (ANTARA News) - HMD Global dikabarkan akan meluncurkan smartphone entry-level Nokia 1 yang merupakan bagian dari program Android Go pada Maret 2018.

Diresmikan pada Mei, program Android Go milik Google ditujukan untuk pasar negara berkembang di mana orang-orang hampir tidak mampu membeli samartphone bahkan dengan harga terjangkau.

Program Android Go rencananya dijalankan di tempat-tempat di mana jaringan susah ditemukan dan harga data mobile mahal.

Banyak perusahaan smartphone berjanji untuk mendukung inisiatif Google tersebut untuk meluncurkan versi ringan dari sistem operasi Android-nya, termasuk perusahaan asal Finlandia, HMD Global.

Tampaknya smartphone entry-level terbaru bermerek Nokia akan diluncurkan oleh HMD Global. Nokia 1 akan menjadi bagian dari program Android Go, yang berarti akan tersedia di pasar negara berkembang terlebih dahulu.

Akan menjalankan versi ringan dari Android Oreo, Nokia 1 akan dikemas dengan RAM 1GB dan ROM 8GB yang dapat diperluas. Ponsel tersebut akan hadir dengan tampilan HD (720p).

Nokia 1 diperkirakan akan debut di berbagai pasar, termasuk Rusia, pada bulan Maret dengan harga 80 euro atau sekitar Rp1,3 juta.

Nokia 1 tidak akan menjadi satu-satunya perangkat Android Go yang akan diluncurkan tahun depan. Huawei kabarnya juga tengah mengembangkan smartphone murah yang sama, namun detail mengenai perangkat tersebut belum terungkap, demikain Phone Arena.


Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017