Kulon Progo (ANTARA News) - Sebanyak 15.345 orang wisatawan mengunjungi Pantai Glagah di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk menghabiskan liburan Tahun Baru 2018.

"Khusus hari ini jumlah wisatawan yang masuk ke Pantai Glagah sebanyak 15.345 orang," kata Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Glagah Agus Subiyanto di Kulon Progo, Senin.

Ia mengatakan jumlah pengunjung hari ini, meningkat dua kali lipat dibandingkan malam perayaan pergantian tahun, Minggu (31/12) di mana hanya ada 7.739 wisatawan.

"Target kunjungan wisata pada malam tahun baru meleset dari target yakni 50 ribu pengunjung," katanya.

Adapun pada libur perayaan Natal 25 Desember 2017, meski terhitung libur panjang serupa, tercatat hanya ada sekitar 4.000 pengunjung yang datang berwisata ke Pantai Glagah.

"Secara umum pada musim libur ini, pengunjung didominasi wisatawan dari luar daerah. Jumlah wisatawan yang berkunjung jauh dari target," katanya.

Sementara itu, salah seorang pengelola wisata Kalibiru, Sumardjono mengatakan pada 1 Januari, kunjungan sedikit menurun hanya 3.100 wisatawan.

Selama musim libur akhir tahun ini tidak terjadi kemacetan ataupun penumpukan kendaraan pengunjung di jalan menuju objek wisata. Pengelola bersama personil kepolisian langsung turun mengatur lalu lintas kendaraan pengujung sehingga arus kunjungan relatif lancar meskipun padat.

"Wisatawan paling banyak berasal dari wilayah Jabodetabek dan sekitar 28 persen turis manca negara. Secara umum semuanya cenderung stabil dan tidak crowded," kata Sumardjono. 

Pewarta: Sutarmi
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018