Berlin, Jerman, (ANTARA NEws) - Semua layanan kereta jarak-jauh di Jerman telah dibatalkan akibat Topan "Friederike" yang juga telah menyebabkan tiga orang meninggal, kata German Press Agency (DPA).

Topan "Frederike", yang menerjang seluruh Jerman dari barat, adalah, menurut Dinas Cuaca Jerman, topan paling kuat sejak 2007. Topan tetersebut membawa angin kencang, hujan lebat dan salju tebal ke beberapa bagian Jerman pada Kamis (18/1), sehingga merenggut tiga korban jiwa.

Seorang pria yang berusia 50 tahun tewas akibat tertimpa pohon di dekat Emmrich, dan lelaki yang berumur 69 tahun di North Rhine-Westphalia kehilangan kendali kendaraannya akibat angin kencang dan meninggal. Di Thuringia, seorang petugas pemadam meninggal akibat pohon tumbang.

Juru bicara perusahaan kereta nasional Jerman Deutsche Bahn (DB) mengaakan DPA bahwa karena alasan keselamatan, layanan kereta jarak-jauh takkan beroperasi sampai ada pemberitahuan lebih lanjut, demikian laporan Xinhua. Ia menambahkan gangguan akibat topan sangat serius.

Perusahaan kereta menghentikan seluruh operasi di Negara Bagian North-Rhine Westphalia dan Lower Saxony pada Kamis pagi, sehingga banyak penumpang terjebak. DP mengeluarkan permintaan maaf atas ketidak-nyamanan tersebut, tapi mengatakan perusahaan itu tak bisa menawarkan perkiraan kapan layanan akan dilanjutkan.

Terlebih lagi, kecepatan perjalanan kereta di bagian lain Jerman melambat tajam sebagai akibat dari hembusan angin topan.

Sejauh ini, angin berhembus sangat kencang sampai 130 kilometer per jam. Selain itu sangat banyak salju jatuh di daerah di dekat Pegunungan Alpen di Negara Bagian Baden-Wuerttemberg.

Dinas Meteorologi Nasional (DWD) telah menyarankan warga di daerah yang paling terpengaruh topan agar tetap berada di dalam rumah supaya terhindar dari resiko terkena puing yang jatuh, pohon tumbang dan potensi kerusakan saluran listrik.

Sekolah di beberapa negara bagian Jerman masih tutup pada Kamis. Operasi di bandar udara utama juga sudah sangat terpengaruh oleh cuaca. Penerbangan dibatalkan karena alasan keamanan di Bandar Udara Duesseldorf, sedangkan Bandar Udara Cologne dan Bonn dipaksa untuk sementara ditutup seluruhnya.

Petugas badan meteorologi memperkirakan topan saat ini bergerak dari Jerman Barat ke Negara Bagian Saxony dan Brandenburg Selatan pada Kamis. Di seluruh negeri tersebut, pola cuaca akan tetap tak stabil dalam beberapa hari ke depan sementara temperatur anjlok.

(Uu.C003)

Pewarta: -
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018