Kurdi Suriah tidak akan hadiri perundingan damai Sochi

Kurdi Suriah tidak akan hadiri perundingan damai Sochi

Ilustrasi - Pejuang Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) mengibarkan bendera YPG di atas perbatasan desa Tel al-Aghbish, yang mereka rebut dari Negara Islam, Kamis (21/5/15). (REUTERS/Rodi Said)

Beirut (ANTARA News) - Otoritas di wilayah otonomi Kurdi Suriah pada Minggu (28/1) mengatakan mereka tidak akan menghadiri perundingan damai di Sochi Rusia pekan depan karena serangan Turki di daerah kantung Kurdi, Afrin.

"Kami sudah mengatakan sebelumnya bahwa jika situasinya masih sama di Afrin kami tidak akan hadir di Sochi," kata pejabat regional Fawza al-Yussef sebagaimana dilaporkan AFP.

Turki, pendukung pemberontak, merupakan salah satu sponsor dalam perundingan di resort Laut Hitam pada Senin dan Selasa itu bersama dengan sekutu Damaskus, Rusia dan Iran.

Serangan militer Turki di Afrin bertolak belakang dengan prinsip dialog politik, ungkap Yussef.

Turki meluncurkan operasi "Olive Branch" pada 20 Januari melawan milisi Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (Yekineyen Parastina Gel/YPG) Suriah di Afrin, mendukung pejuang oposisi Suriah bersama tentara darat dan serangan udara, demikian laporan AFP. (mu) 

Pewarta: -
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Ketum PP Muhammadiyah: Pemulangan WNI terpapar ISIS jadi kewenangan pemerintah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar