Cirebon (ANTARA News) - Warga Cirebon, Jawa Barat, tidak bisa melihat gerhana bulan total yang terjadi, karena tertutup awan, namun mereka antusias untuk mengikuti salat sunnah gerhana.

Seorang warga Cirebon Mariah di Cirebon, Rabu mengatakan, tidak bisa melihat fenomena yang langka tersebut, karena dari awal tertutup awan.

"Sayang sekali tidak kelihatan gerhananya, padahal sudah menunggu dari sore, malah tertutup awan," kata Mariah.

Menurutnya cuaca di Cirebon memang mendung dan bulan terlihat hanya pada awal saja, namun setelah itu tertutup awan tebal.

Senada dengan Mariah, warga lain Tardi juga mengatakan hal yang sama tidak bisa melihat fenomena yang langka itu, karena gerhana total memang sangat jarang terjadi. "Tidak terlihat sama sekali," katanya.

Meskipun gerhana bulan tidak terlihat secara kasat mata, namun masyarakat antusias untuk mengikuti salat gerhana yang diadakan dihampir semua masjid yang ada di Kota Udang itu.

Sementara itu Prakirawan BMKG Stasiun Jatiwangi Ahmad Faa Iziyn menyampaikan kondisi cuaca di pantura Cirebon memang sudah diperkirakan akan terjadi hujan ringan.

"Jadi tidak bisa terlihat, karena memang tertutup awan dan juga adanya hujan dineberapa wilayah yabg ada di Pantura," kata Faa Iziyn.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018