Jakarta (ANTARA News) - Peramban milik Alibaba Group, UC Browser, hari ini meluncrukan versi terbaru 12.0, menjanjikan pengalaman berselancar internet yang lebih cepat.

"Lebih hemat 50 persen buat menonton video dibanding versi lama," kata Kepala Bagian Bisnis Internasional UC Browser, Alibaba Mobile Business Group, Shallia Li, saat peluncuran di Jakarta, Kamis.

Sepertiga dari 40 juta pengguna aktif bulanan UC Browser menikmati konten video, didukung oleh penetrasi internet dan kualitas jaringan seluler Tanah Air yang membaik.

Salah satu faktor penghematan ini berasal dari format kode video terbaru VP9 Codec yang mampu menyimpan data mobile dibandingkan versi sebelumnya, VP8.

Alibaba melengkapi UC Browser 12.0 dengan teknologi agar peramban dapat diakses dari segala kondisi jaringan.

Selain itu, UC Browser dilengkapi dengan multitugas sehingga pengguna bisa tetap menonton video sambil mengakses mesin pencari. Fitur ini mirip dengan layar multitugas dari Android Nougat, pengguna bisa membuka dua aplikasi di saat yang bersamaan, misalnya menonton video di YouTube sambil membalas pesan.

UC Browser menjanjikan menonton video tanpa buffering, termasuk di ponsel yang memiliki RAM terbatas.

Selain peramban, UC Browser juga berfungsi sebagai agregator berita. Tampilan peramban bisa diatur sesuai selera personal, UC Browser juga akan mempelajari artikel-artikel yang sering dibaca penggunanya agar dapat memberikan rekomendasi yang sesuai.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018