Jakarta (ANTARA News) - Hari Valentine yang dirayakan oleh banyak kalangan setiap tanggal 14 Februari jadi momen yang kerap digunakan untuk menunjukkan kasih sayang pada pasangan. 

Untuk merayakan Valentine, biasanya para pasangan akan saling bertukar kado atau makan malam romantis bersama.

Di Indonesia, tradisi ini memang tidak seheboh dan sepopuler di negara barat. Namun, ternyata ada banyak pasangan di Indonesia yang ikut merayakan hari kasih sayang tahunan ini.

Sedikitnya 60 persen responden survei dari AsmaraKu.com, situs penjualan barang romantis di Indonesia, berencana merayakan Hari Valentine tahun ini. Mereka yang merayakan lebih dari separuhnya (63 persen) sudah menikah, 19 persen lajang dan 18 persen memiliki pasangan.


Survei kebiasaan dan preferensi pasangan di Indonesia pada Valentine dilakukan selama sepekan pada Januari 2018 ini melibatkan 1.215 responden di Indonesia, 78 persen responden adalah pria dan sisanya adalah perempuan.

Survei ini menemukan bahwa 60 persen responden berencana merayakan hari Valentine tahun ini. Dari jumlah tersebut, mayoritas akan melakukan tukar kado (65 persen) dan makan malam istimewa (62 persen), dengan rata-rata anggaran kado sekitar Rp350.000 - Rp500.000.

Sementara itu, baik pria maupun wanita lebih memilih barang-barang mode seperti tas dan jam tangan sebagai hadiah yang paling mereka harapkan di Valentine 2018 ini dibandingkan hadiah klasik seperti coklat atau bunga.


Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018