Jakarta (ANTARA News) - Hingga kini sebagian masyarakat beranggapan perlunya menaburkan bedak di sekitar area vital bayi, demi mencegahnya kering. Apakah cara ini benar? Apa pendapat ahli kesehatan mengenai ini? 

"Di daerah vital, diberi powder (bedak) supaya tidak kering. Namun kadang-kadang berlebihan dan kita lupa membersihkan (area yang diberi bedak) lalu menumpuk sehingga menjadi sarang penyakit, misalnya tumbuh jamur," ujar spesialis anak sekaligus Sekretaris UKK Tumbuh Kembang Pediatri Sosial IDAI, Dr. dr Meita Dhamayanti, Sp.A(K) dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu. 

Dhamayanti mengatakan, tidak memberi taburan bedak pun sebenarnya bukan tidak apa-apa, terlebih jika para ibu atau orangtua lupa membersihkan daerah yang diberi bedak. 

"Kalau kita sering lupa, tanpa memberi bedak (di dekat area vital) juga tidak apa-apa. Daripada menumpuk tidak dibersihkan, jadi penyakit," kata dia. 

Dalam kesempatan itu, Brand Manager Johnson's, Anindita Pranawestri menuturkan, fungsi bedak sendiri sebenarnya untuk menyegarkan. 

Dia menyarankan orangtua atau masyarakat memperhatikan pengunaannya sebelum mengaplikasikan pada kulit, terutama kulit bayi. 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018