Washington,  (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat George W Bush bertemu dengan penggantinya Barack Obama bersama dengan tiga mantan presiden pada acara jamuan makan siang Rabu untuk menawarkan nasihat dan mendoakannya agar sehat.

 "Satu pesan yang saya punya dan saya pikir kami semua sependapat ialah bahwa kami ingin Anda berhasil," kata Bush di Ruang Oval seperti dilaporkan DPA. "Apakah kita Demokrat atau Republik, kami sangat peduli atas negeri ini."

Turut serta dalam jamuan itu mantan presiden Jimmy Carter, George HW Bush dan Bill Clinton. Inilah kali pertama pertemuan semua presiden yang masih hidup di Gedung Putih sejak 1981, kata juru bicara Dana Perino.

Para mantan presiden itu diperkirakan akan berbagi pengalaman dengan pendatang baru, termasuk kebijakan di Timur Tengah dan topik-topik lain.

"Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih karena menjadi tuan rumah," kata Obama. "Ini suatu pertemuan sangat luar biasa. Semua yang hadir di sini memahami baik tekanan dan kemungkinan saat berdinas."

"Dan saya mempunyai kesempatan memeperoleh nasihat, bimbingan baik dan persahabatan dengan individu-individu luar biasa. Dan saya sangat berterima kasih kepada mereka semuanya," tambah Obama.

Bush dan Obama mengadakan pertemuan pribadi sebelum presiden-presiden lain bergabung dengan mereka.

Sementara ini kali pertama semua mantan presiden bertemu di Gedung Putih dalam lebih dua dekade, mereka sebelumnya bertemu saat menghadiri penguburan presiden dan acara-acara peresmian perpustakaan presiden.

Pertemuan serupa di Gedung Putih pernah diadakan dengan tuanrumah Ronald Reagan dan mereka yang hadir mencakup Carter, Richard Nixon dan Gerald Ford.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009