Bandung (ANTARA News) - Setelah heboh video kasus pemberian minuman keras kepada satwa di Taman Safari beberapa waktu lalu, kini beredar video Orang utan tengah mengisap rokok yang diduga terjadi di Kebun Binatang Bandung.

Dalam video berdurasi satu menit yang diunggah akun Marison Guciano, seekor orang utan terlihat tengah memungut dan mengisap rokok yang dibuang sengaja oleh seorang pengunjung ke kandang orang utan itu.

"Orang utan di Kebun Binatang Bandung ini diberi rokok oleh pengunjung yang bodoh. Pengunjung tidak tahu bagaimana cara menangani hewan, namun kurangnya pengawasan oleh pengelola kebun binatang adalah juga persoalan, dan merupakan salah satu isu yang harus diatasi. Indonesia saat ini membutuhkan standar kesejahteraan hewan di kebun binatangnya," tulis Marison dalam akun Facebook-nya.

Video itu awalnya memperlihatkan para pengunjung di sekitar kandang orang utan.

Salah satu pria yang memakai baju hitam kemudian membuang rokok yang sudah menyala ke kandang satwa dilindungi itu yang langsung dipungut orang utan itu untuk kemudian dihisapnya persis manusia menghisap rokok.

Baca juga:Relawan bagikan pisang kampanyekan penyelamatan orang utan

Saat dihubungi, Marison yang juga pemerhati satwa mengatakan, video itu diambil pada Minggu (4/3) oleh seorang relawannya saat mengunjungi Kebun Binatang Bandung.

"Kejadiannya di Kebun Binatang Bandung, Minggu, 4 Maret. (Kebetulan) ada relawan saya yang ke sana," kata dia, Selasa.

Dia mengaku memprihatinkan kejadian ini karena para pengunjung seharusnya bisa ikut menjaga binatang-binatang yang tinggal di kebun binatang, bukan malah melakukan hal yang bertentangan dengan kebiasaan hewan.

Marison meminta pengelola kebun binatang untuk lebih serius memperhatikan satwa-satwanya dan mengedukasi secara masif para pengunjung, tidak sebatas lewat papan informasi.

"Karena tidak semua pengunjung cerdas ada juga yang bodoh seperti kasus lempar rokok ke kandang orang utan ini," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018