Jakarta (ANTARA News) - Tim Merah Putih (MP) Samator memasuki seri ketiga kompetisi bola basket putri nasional, Srikandi Cup 2017-2018, dengan patokan target yang berbeda baik dari pelatih mereka, Nina Yunita Nurman, maupun dari pihak manajemen tim.

Sementara Nina menargetkan MP Samator bisa mencapai peringkat ketiga di seri ketiga, manajemen malah mematok target partai final dalam seri ketiga yang akan dilangsungkan di GOR Lokasari, Jakarta, 19-24 Maret 2018.

"Saya pribadi ingin peringkat kami naik ke posisi ketiga setelah berada di posisi keempat di seri kedua di Surabaya. Manajemen memang meminta masuk final, tetapi saya rasa itu berat," ujar Nina di Jakarta, Senin.

Demi meraih target tersebut, Nina menyebut timnya mempersiapkan diri dengan baik dan membenahi kekurangan terutama dari sisi akurasi tembakan.

Akurasi terus diasah karena di seri pertama dan kedua, MP Samator menjadi salah satu tim yang memiliki statistik tembakan yang terburuk.

"Statistik tembakan, tembakan bebas dan field goals kami sangat jelek. Saya sampai ditelepon langsung oleh pihak statistik tim," kata Nina.

Namun, hal itu bukan tanpa alasan. Menurut Nina, di seri sebelumnya, MP Samator kesulitan untuk berlatih dengan skuat lengkap karena ada pemain yang sedang menyelesaikan kuliah di Bandung.

Saat ini kondisi tersebut tidak terjadi. Nina menegaskan seluruh pemain sudah bisa berlatih bersama di Jakarta karena pemain yang kuliah di Bandung sudah menuntaskan pendidikannya.

"Jadi kami bisa berlatih lima sampai enam kali dalam seminggu ditambah uji coba, yang sebelumnya hanya bisa tiga kali seminggu," tutur Nina.

Akan tetapi, MP Samator bukan tanpa kendala menuju seri ketiga. Ada dua pemainnya yang tidak bisa tampil yaitu Dara Tahira yang harus magang, Michelle Kurniawan yang mesti mengikuti ujian di kampusnya.

Selain itu ada pemain yang masih dalam penyembuhan cedera yaitu Isabelle Surayaman yang mengalami cedera robek ligamen lutut anterior cruciate ligament (ACL).

"Isabelle kondisinya menurun tetapi masih bisa main. Meski saya tidak akan memaksakan, namanya tetap masuk ke dalam 17 pemain yang saya siapkan untuk seri ketiga," ujar Nina.

Baca juga: Surabaya Fever juara basket Seri I Srikandi Cup

Baca juga: Penyelenggara Srikandi Cup komit bersih dari pengaturan skor

Baca juga: Merpati bertekad juarai Piala Srikandi 2017-2018

Baca juga: Perbasi pantau pemain timnas di Srikandi Cup


Sementara pemain MP Samator Christie Rumambi menegaskan dia dan rekan-rekannya siap berjuang maksimal di seri ketiga di mana timnya menjadi tuan rumah.

"Persiapan kali ini cukup baik dan sebagai tuan rumah kami berlatih intens termasuk mengadakan latih tanding internal," tutur Christie.

Adapun di seri ketiga Srikandi Cup 2017-2018, kedelapan tim peserta dibagi dalam dua pul. Pul A diisi oleh juara seri pertama dan kedua Surabaya Fever beserta MP Samator, Sahabat Semarang juga Flying Wheel Makassar.

Pul B beranggotakan Merpati Bali, Tenaga Baru Pontianak, Generasi Muda Cirebon dan Tanago Friesian.

MP Samator sendiri merebut peringkat ketiga di seri pertama, Makassar dan posisi keempat di seri kedua, Surabaya. Di kedua laga tersebut, mereka berjumpa Tenaga Baru Pontianak.

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018