Cirebon, Jawa Barat (ANTARA News) - Cirebon Power bersama Warga yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (Formas PL) melakukan aksi penanaman ribuan pohon bakau yang merupakan upaya rekondisi pesisir pantai Cirebon, Jawa Barat.

"Kita melakukan penanaman bakau di tiga titik, yaitu Pesisir Waruduwur, Mundu Pesisir dan Muara Sungai Kanci," kata Head Of CSR Cirebon Power, Hafid Saptandito, di Cirebon, Selasa.

Dia mengatakan masing-masing titik penanaman, nantinya akan dibantu Kelompok Masyarakat Pengawas.

Pada hari ini Selasa (13/3), mereka dibantu masyarakat dan pecinta lingkungan, menanam 5.000 pohon mangrove di pesisir Desa Waru Duwur.

Saptandito mengatakan, mereka sudah melakukan pelestarian lingkungan di sekitar wilayah pesisir pantai Cirebon sejak 2011 lalu.

"Hingga 2017, sudah 70.000 batang bakau yang ditanam di pesisir Cirebon, ini upaya menjaga lingkungan pesisir pantai Cirebon dari tingginya angka abrasi pantai," tuturnya.

"Penanaman bakau bentuk komitmen kami untuk turut berperan menyelamatkan pesisir Cirebon yang kian terancam abrasi," kata Hafidz.

Selain itu Cirebon Power juga menggandeng Formas PL untuk bisa menghasilkan bibit-bibit pohon yang nantinya akan disebar dan ditanam di sejumlah wilayah di Cirebon.

Dia menjelaskan, selain bakau, Formas PL juga mengembangkan bibit-bibit pohon lain yang bisa ditanam untuk menjaga lingkungan.

"Bukan cuma menanam, kami juga mengembangkan Rumah Bibit, yang menyipakan ribuan bibit bakau, pohon peneduh dan buah-buahan yang bisa disalurkan ke desa-desa yang membutuhkan, melalui Formas PL," ujarnya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018