Pekerja proyek temukan bom Perang Dunia II di Jayapura

Pekerja proyek temukan bom Perang Dunia II di Jayapura

Arsip Foto. Seorang anggota tim Gegana Brimob Detasemen Pelopor C Tarakan mengukur sebuah bom yang baru dievakuasi dari dalam tanah di Tarakan, Kalimantan Utara. Bom itu diduga merupakan peninggalan Perang Dunia II. (ANTARA FOTO/Fadlansyah)

Jayapura, Papua (ANTARA News) - Seorang pekerja proyek pengerukan tanah menemukan bom peninggalan Perang Dunia II di pinggir Pantai Hamadi, Kompleks Hanurata, Kelurahan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Menurut Kepala Sub Bagian Humas Polres Jayapura Kota Iptu Yahya Rumra, Kamis pagi, warga Sentani yang bernama Junet (20) menemukan bom itu ketika dia mengeruk tanah di pinggir Pantai Hamadi menggunakan ekskavator pada Rabu (13/3) sore sekitar pukul 15.00 WIT.

Kejadian itu kemudian di laporkan kepada petugas keamanan setempat dan penanggung jawab di lokasi pembangunan kawasan pemukiman nelayan Hamadi, lalu diteruskan ke petugas piket Polsek Jayapura Selatan Aipda Samsudin Letsoin sebagai Kepala SPK I Polsek Jayapura Selatan, yang kemudian menuju lokasi kejadian dan mengamankannya bersama tiga anggotanya.

Tak lama kemudian, satu tim personel Gegana Brimob Polda Papua pimpinan Wakaden Gegana AKP Suparmanto tiba di tempat kejadian untuk mengevakuasi bom. "Kini benda yang diduga bom jenis mortir exs peninggalan PD II telah berhasil dievakuasi dan dibawa ke Mako Brimobda Papua untuk dilakukan penanganan lebih lanjut," kata Yahya.

Yahya mengapresiasi warga sekitar berkenaan dengan penemuan bom dan pelaporannya, serta mengimbau warga segera melapor jika menemukan bom atau semacamnya ke pihak keamanan.

Kawasan Hamadi dan sekitarnya pada masa Perang Dunia II merupakan tempat pendaratan tentara sekutu Amerika Serikat dibawah pimpinan Jenderal Douglas Mc Arthur.

Baca juga: Warga Sentani temukan lima bom peninggalan PD II

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar