Seoul (ANTARANews) – Seorang perwira militer China, Senin (26/03), memberikan penghormatan saat jasad 20 mantan rekannya ditempatkan di fasilitas militer Korea Selatan menjelang kepulangan mereka, beberapa dekade setelah mereka tewas dalam Perang Korea.

Tulang belulang berwarna cokelat – termasuk tengkorak – diletakkan di atas sebuah meja di osuarium di Incheon sebelum ditempatkan di tempat yang identik sembari menunggu kepulangan mereka pada Rabu.

Pemulangan tersebut akan menjadi yang kelima kalinya dalam setahun di bawah kesepakatan 2013 yang sejauh ini telah mendorong pemulangan 569 set jasad.

Pasukan Komunis Tiongkok memainkan peran penting dalam mendukung Korea Utara selama Perang Korea pada 1950-53, tetapi mantan presiden Korea Selatan Park Geun-hye menawarkan pemulangan jasad orang-orang yang tewas dalam perang Beijing sebagai iktikad baik.

Mao Zedong mengirimkan jutaan pasukan untuk mengintervensi saat pasukan PBB yang dipimpin Amerika Serikat mendorong mundur tentara pimpinan Kim Il Sung ke perbatasan Tiongkok pada akhir 1950, menyelamatkan Korea Utara dari kekalahan di titik balik yang menentukan dalam perang tersebut.

Pasukan Korea Selatan dan PBB dipukul mundur ke bagian selatan, kehilangan kendali atas Seoul sebelum kembali merebut ibu kota itu, AFP.

Baca juga: Peringatan Perang Korea dan desakan hentikan pengembangan senjata



 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018