Brasil kalahkan Jerman berkat gol tunggal Gabriel Jesus

Brasil kalahkan Jerman berkat gol tunggal Gabriel Jesus

Penyerang tim nasional Brasil, Gabriel Jesus (9), menyundul bola untuk mencetak gol kemenangan atas Jerman dalam laga persahabatan internasional di Stadion Olimpiade, Berlin, Rabu (28/3/2018) dini hari WIB. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional Brasil sukses mengalahkan tuan rumah Jerman dengan skor 1-0 dalam laga persahabatan internasional di Stadion Olimpiade Berlin, Rabu dini hari WIB.

Kemenangan Brasil diraih berkat gol tunggal yang dicetak penyerang Manchester City, Gabriel Jesus, pada menit 37.

Gol itu memecah kebuntuan di tengah gempuran tuan rumah ke lini pertahanan TIm Samba.

Umpan silang yang dilepaskan Willian dari sisi sayap kanan berhasil disambut tandukan Jesus meski kurang sempurna.

Beruntung bagi Brasil, penjaga gawang Kevin Trapp juga tak cukup sempurna mengantisipasi datangnya bola yang sebetulnya tak terlalu berbahaya itu. Bola bersarang ke gawang Jerman, memberikan keunggulan untuk Brasil, meski Jerman lebih banyak menguasai permainan di awal laga.

Jerman yang tetap lebih banyak mengendalikan bola sepanjang laga tetap tak berhasil menciptakan serangan yang cukup membahayakan gawang Brasil.

Sebaliknya, Brasil memperoleh sejumlah peluang yang mengancam gawang tuan rumah, termasuk percobaan tembakan Jesus yang masih bisa dihalau oleh Antonio Ruediger pada menit 56 dan kesigapan Trapp mengantisipasi bola muntah yang disambar Paulinho.

Keputusan pelatih Joachim Loew "hanya" menempatkan penyerang gaek Mario Gomez sebagai ujung tombak serangan boleh jadi akan dipertanyakan selepas laga usai, sebab nama-nama penyerang muda yang lebih tajam seperti Timo Werner justru baru dimasukkan ke lapangan pada menit 81.

Brasil menyudahi rangkaian laga persahabatan mereka dengan sempurna, usai sebelumnya juga mempecundangi Rusia tiga gol tanpa balas pada Sabtu (24/3).

Baca juga: Mbappe cetak dwigol saat Prancis pecundangi Rusia 3-1

Baca juga: Belgia hantam Arab Saudi 4-0, Lukaku dua gol


Pasukan Selecao tentu berambisi untuk menambah trofi baru di lemari mereka ketika mengarungi putaran final Piala Dunia 2018. Philippe Coutinho dkk tergabung di Grup E bersama Serbia, Kosta Rika dan Swiss.

Laga pertama Brasil di fase penyisihan grup akan mempertemukan mereka dengan Swiss di Rostov Arena pada 17 Juni nanti.

Sementara itu, Jerman tentunya bertekad mempertahankan gelar sebagai Juara Dunia saat mereka memulai fase penyisihan Grup F melawan Meksiko di Stadion Luzhniki. Selain Meksiko, di Grup F Jerman juga akan menghadapi Swedia dan Korea Selatan.

Susunan pemain Jerman vs Brasil seturut laman resmi FIFA :
Jerman (4-2-3-1): Kevin Trapp; Joshua Kimmich, Jerome Boateng (Niklas Sule), Antonio Ruediger, Marvin Plattenhardt; Ilkay Guendogan (Timo Werner), Toni Kroos; Leon Goretzka (Julian Brandt), Julian Draxler, Leroy Sane (Lars Stindl); Mario Gomez (Sandro Wagner)
Pelatih: Joachim Loew

Brasil (4-3-3): Alisson; Dani Alves, Thiago Silva, Miranda, Marcelo; Fernandinho, Casemiro, Paulinho; Willian, Gabriel Jesus, Philippe Coutinho (Douglas Costa)
Pelatih: Tite

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar