Kairo (ANTARA News) - Penyerang Liverpool Mohamed Salah telah membuat Anfield terperangah oleh penampilan mempesona dan dua golnya saat menghancurkan AS Roma 5-2 pada semifinal pertama Liga Champions. Bukan itu saja namanya kini menjadi bahan pergunjingan siapa pun di negara asalnya, Mesir.

Salah menempati halaman depan koran-koran Mesir yang menjanjung dia dengan "Raja Salah" setelah penampilannya yang menentukan timnya. Di jalan-jalan ibu kota Kairo, ada perasaan bangga luar biasa terhadap si orang Mesir yang telah menyeruak ke panggung utama sepak bola dunia itu.

"Sejujurnya begitu Salah menciptakan gol sekujur tubuh kami merinding," kata pelayan kafe Sherif Hussein kepada Reuters TV.

"Saya sudah menyaksikan gol-gol kemarin itu. Jika Messi mencetak gol seperti itu mereka akan menyebut dia fenomenal, tetapi ini pertama kali kami melihat seorang warga Mesir mempesona seluruh dunia."

Sebuah graffiti bergambarkan Salah terpampang di dinding luar sebuah kedai kopi di Kairo, dan bahkan orang yang tidak terlalu suka sepak bola pun dengan nikmat membincangkan rekan sebangsanya itu yang telah berubah menjadi duta besar untuk negaranya.

"Kendati bukan penggemar sepak bola, saya bangga sekali kepada Mohamed Salah  yang telah menampilkan gambaran kepada dunia internasional," kata warga Kairo bernama Fatma Saad.  "Mengenai Mesir, Arab dan Islam. Dia mampu menampilkan citra kami secara elegan dan sederhana."

Pada musim pertamanya di Inggris setelah melempem bersama Chelsea, Salah sudah menciptakan sejarah di Liga Premier dengan menyamai rekor gol terbanyak dalam satu musim sebanyak 31 gol. Pemain berusia 25 tahun itu juga telah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Inggris.

Dia juga memimpin perburuan Golden Boot sebagai pencetak gol terbanyak di liga dan berada di depan pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo dan pemain Barcelona Lionel Messi dalam memperebutkan European Golden Shoe untuk pencipta gol terbanyak dari lima liga top Eropa.

Salah juga menjadi ujung tombak tim nasional Mesir di Rusia ketika negaranya kembali berkiprah pada Piala Dunia yang untuk pertama kalinya dalam 28 tahun terakhir.

"Mohamed Salah adalah pemain terbaik di Mesir dan sungguh mewakili kami," kata warga Kairo lainnya.  "Dia akan menjadi pemain terbaik di dunia. Dia bangsawan dan semua orang mencintai dia. Semua orang bangga kepadanya. Dia membuat Mesir bangga."

Baca juga: Mohamed Salah mengancam hegemoni Messi dan Ronaldo




 

Pewarta: ANTARA
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018