Jakarta (ANTARA News) - Kemarin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan sedang memproses eksekusi mantan ketua DPR Setya Novanto ke Lembaga Pemasyarakatan, dan Glenn Fredly-Andien-Tompi berkolaborasi membuat lagu bertema pendidikan.

Selain itu ada warta mengenai rencana pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Sultan Brunei, dan pelepasliaran orangutan ke Hutan Kehje Sewen dalam ringkasan berita berikut:

1. Presiden RI-Sultan Brunei bahas perlindungan WNI

Presiden RI Joko Widodo dalam pertemuan dengan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah pada Kamis (3/5) akan membahas tentang perlindungan warga negara Indonesia (WNI), terutama pekerja migran, di Brunei Darussalam.

2. Enam orangutan dilepasluarkan ke Hutan Kehje Sewen

Yayasan BOS bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Timur melepasliarkan enam orangutan yang telah menuntaskan proses rehabilitasi ke Hutan Kehje Sewen di Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur.

3. KPK proses eksekusi Setya Novanto

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih memproses eksekusi Setya Novanto ke Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin di Bandung, Jawa Barat, setelah baik pihak KPK maupun Setya Novanto menyatakan tidak akan mengajukan banding terhadap putusan pengadilan.

"Terhadap Setya Novanto tentu kami rencanakan bisa dilakukan secepatnya karena baik pihak kuasa hukum sudah tidak menyatakan banding, KPK pun menyatakan menerima putusan tersebut," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Majelis hakim menjatuhkan hukuman 15 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider tiga bulan kurungan kepada Setya Novanto, serta mencabut hak politiknya selama lima tahun setelah menjalani pemidanaan dan mewajibkan dia membayar uang pengganti 7,3 juta dolar AS dikurangi dengan jumlah uang yang sudah dikembalikan sebesar Rp5 miliar subsider dua tahun kurungan.

4. Glenn Fredly, Andien, Tompi kolaborasi ciptakan lagu soal pendidikan

Musisi Glenn Fredly berkolaborasi dengan penyanyi Andien, Tompi, Tulus, Endah N Rhesa, Indra Aziz dan Vidi Aldiano menciptakan lagu bertema pendidikan yang mereka beri judul "Semua Murid Semua Guru". Lagu yang mereka buat dalam waktu seminggu itu mengajak lebih banyak pihak untuk terlibat dan turut mendorong pendidikan nasional menuju arah yang lebih baik lagi.

5. DJ Avicii diwartakan meninggal karena bunuh diri

Bintang musik dance DJ Avicii meninggal dunia karena bunuh diri menurut siaran situs gosip selebriti TMZ pada Selasa (1/5). TMZ mengutip sumber yang tidak disebut namanya yang mengatakan bahwa Avicii mengalami perdarahan intensif karena memotong nadinya menggunakan pecahan gelas, kemungkinan dari satu botol.
 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018