"Atung" sang rusa mejeng di Istana Negara

"Atung" sang rusa mejeng di Istana Negara

Patung maskot Atung di taman yang ada di Istana Negara yang menghadap ke Jalan Veteran, Jakarta pada Senin (14/5/2018). Istana dihiasi oleh sejumlah patung maskot Asian Games 2018 yaitu "Atung" si rusa Bawean, "Bhin Bhin" si burung cenderawasih, dan "Kaka" si badak bercula satu. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta (ANTARA News) - Gema Asian Games 2018 terus digaungkan oleh Indonesia, termasuk di istana kepresidenan yang juga turut dihias oleh maskot-maskot perhelatan olahraga se-Asia itu.

Maskot Asian Games bernama Atung yang merupakan rusa Bawean ("Hyelaphus Kuhlii") ikut "mejeng" di taman halaman Istana Negara, Jakarta yang menghadap ke utara, ke Jalan Veteran.
Masyarakat ber-selfie bersama maskot Asian Games di Istana Negara (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)


Atung tidak sendirian, ada juga hewan-hewan lain yang menjadi maskot Asian games seperti Kaka si badak bercula satu ("Rhinoceros Sondaicus"), dan Bhin Bhin si burung cenderawasih (Paradisaea Apoda) berwarna kuning.

Baca juga: Logo baru Asian Games terinspirasi Stadion GBK

Sejumlah pengendara motor atau mobil yang melalui Jalan Veteran pun dapat melihatnya "mejeng" di dekat tiang bendera merah putih taman belakang komplek Istana kepresidenan.

Para tamu dan pegawai istana juga disambut oleh patung para maskot yang bertumpuk di depan pintu pemeriksaan dari Sekretariat Negara mengarah ke Istana Negara.

Sejumlah pegawai istana pun memanfaatkan patung maskot yang berwarna-warni itu untuk ber-swafoto.

Selain itu, ada juga patung Bhin Bhin sedang menunggang kuda di pelataran parkir Bina Graha dan Kaka yang mengenakan pakaian beladiri kempo berwarna putih lengkap dengan pelindung kepala dan sarung tangan berwarna merah.

Baca juga: Desain baru maskot Asian Games 2018 disayembarakan
 

Dalam keterangan laman Asian Games 2018, maskot Bhin Bhin mengenakan rompi motif Asmat dari Papua yang merepresentasikan strategi. Sedangkan Atung yang mengenakan sarung motif tumpal dari Jakarta melambangkan kecepatan.

Badak bercula satu yang bernama Kaka juga dihias menggunakan rompi tradisional motif bunga khas Palembang yang melambangkan kekuatan.

Pada beberapa kesempatan, Presiden Joko Widodo juga turut mempromosikan perhelatan itu dengan mengenakan jaket berlogo Asian Games dan sejumlah cabang olahraga.
Maskot Asian Games di Istana Negara (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Pada saat bermain basket bersama para pemain yang tergabung dalam Developmental Basketball League (DBL), Jokowi mengenakan jaket Asian Games berwarna merah pada 12 Mei lalu.

Kemudian pada saat rapat terbatas pada 4 Mei 2018 mengenai persiapan pelaksanaan Asian Games 2018, Widodo pun mengenakan jaket Asian Games dengan warna berbeda yaitu hitam dihiasi logo Asian Games.

Asian Games akan diselenggarakan di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus 2018.

Indonesia telah menghitung mundur pelaksanaan Asian Games pada 18 Agustus 2017 yang memamerkan sejumlah kegiatan seperti atraksi drone dan hiburan musik di Jakarta dan Palembang.

Baca juga: Sandi ingin ondel-ondel Brad Pitt bersanding dengan maskot Asian Games

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Meski hanya perak, Asosiasi ESport apresiasi penampilan Tim Indonesia 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar