Playoff NBA

James Harden, LeBron James, Anthony Davis, calon-calon MVP NBA

James Harden, LeBron James, Anthony Davis, calon-calon MVP NBA

James Harden (Reuters)

Jakarta (ANTARA News) - Guard Houston Rockets James Harden, forward Cleveland Cavaliers LeBron James dan forward New Orleans Pelicans Anthony Davis diumumkan sebagai finalis atau tiga calon penerima predikat pemain terbaik atau MPV NBA tahun ini.

NBA akan mengumumkan pemenang penghargaan ini pada 25 Juni nanti atau empat hari setelah pengumuman draft NBA.

Davis dan Harden yang tahun lalu menempati urutan kedua di bawah Russell Westbrook, tengah memburu gelar itu untuk pertama kali dalam karir mereka.

Harden juga finis urutan kedua pada musim kompetisi 2014-2015 di bawah Stephen Curry, sekaligus tiga tempat di atas Davis.

Harden memiliki catatan karir tertinggi di NBA dengan 30,4 poin per pertandingan. Dia juga memiliki catatan rara-rata 8,8 assist per pertandingan dan 5,4 rebound per pertandingan yang membawa Houston menjadi pencatat rekor terbaik kedua di liga.

Davis memiliki rata-rata per pertandingan 28,1 poin dan 2,3 assist per pertandingan.

James yang berusia 33 tahun bisa menjadi pemain paling tua yang menjadi MVP sejak Karl Malone melakukannya pada musim 1998-1999 dalam usia 35 tahun.  Sejak Malone, hanya Steve Nash yang menjadi pemain NBA tertua yang mendapat status MVP pada usia 30 dan 31.

James sudah empat kali menyandang MVP (pada musim 2008-09, 2009-10, 2011-12, 2012-13). Dia memiliki catatan 27,5 poin, 9,1 assist dan 8,6 rebound per pertandingan selama musim reguler lalu.

Davis juga menjadi calon pemain bertahan terbaik tahun ini, bersama dengan center Utah Jazz Rudy Gobert dan center Philadelphia 76ers Joel Embiid.  Tahun lalu, untuk kategori ini, Gobert menempati urutan kedua di bawah Draymond Green, demikian Reuters.

Baca juga: Houston Rockets serikan kedudukan 1-1
 

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar