Purwokerto (ANTARA News) - Perbaikan sejumlah jalur alternatif di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dikebut agar siap dilalui arus mudik Lebaran 2018, kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum setempat Irawadi.

"Perbaikan yang kami kerjakan harus selesai pada H-10 Lebaran, paling tidak dalam kondisi baik," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa.

Ia mengatakan ada sekitar 15 ruas jalan kabupaten yang disiapkan untuk jalur alternatif, antara lain Legok-Pekuncen-Cilongok untuk mengurai kemacetan di ruas jalan nasional penghubung jalur pantai utara menuju jalur selatan Jateng.

Selain itu, kata dia, perbaikan juga dilakukan terhadap jalur alternatif Patikraja-Kebasen-Sampang yang menghubungkan Kabupaten Banyumas dan Cilacap.

"Perbaikan jalan nasional sepertinya juga sudah dikontrakkan sehingga nanti kalau ada lubang-lubang, dapat segera ditutup. Intinya, untuk persiapan lebaran, kami sudah siap," katanya.

Disinggung mengenai perbaikan terhadap bahu jalan yang longsor di dekat jembatan Kalisogra, Desa Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran, Irawadi mengatakan petugas dari DPU Banyumas pada Selasa (22/5) siang melakukan survei terhadap kejadian di jalur alternatif Purwokerto-Purbalingga itu.

Menurut dia, pihaknya akan berupaya mencarikan anggaran dalam rangka penanganan darurat atau lainnya terhadap ruas jalan tersebut.

"Saya belum mendapat laporan dari staf yang survei hari ini. Nanti kalau bisa diamankan akan diperkuat," katanya.

Bahu jalan dekat jembatan Kalisogra tersebut longsor pada Senin (21/5) sore saat hujan lebat mengguyur Kabupaten Banyumas.

Akibat kejadian itu, arus kendaraan yang melintas di ruas jalan tersebut harus bergantian.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018