Tim Gedung Putih akan ke Singapura siapkan pertemuan Trump-Kim

Tim Gedung Putih akan ke Singapura siapkan pertemuan Trump-Kim

Presiden Amerika Serikat Donald Trump muncul di Serambi Selatan Gedung Putih bersama Kelinci Paskah di belakangnya saat acara tahunan Gedung Putih Easter Egg Roll di Halaman Selatan, Washington, Amerika Serikat, Senin (2/4/2018). (REUTERS/Carlos Barria)

Washington (ANTARA News) - Tim Gedung Putih akan berkunjung ke Singapura guna menyiapkan pertemuan tingkat tinggi yang dijadwalkan berlangsung 12 Juni antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Langkah tersebut merupakan sinyal terbaru bahwa pertemuan Trump dan Kim kemungkinan akan berlangsung sesuai rencana.

"Tim Gedung Putih untuk Singapura akan berangkat sesuai jadwal guna melakukan persiapan kalau pertemuan tingkat tinggi itu jadi," ujar juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders pada Sabtu (26/05).

Trump menarik diri dari pertemuan tingkat tinggi itu pada Kamis, mengutip "luapan kemarahan dan perang terbuka" Pyongyang sebagai alasan.

Namun dalam cuitan di Twitter kemudian Trump mengatakan bahwa pertemuan tingkat tinggi itu "kemungkinan" digelar sesuai jadwal pada 12 Juni.

"Kami berbicara dengan mereka sekarang," kata Trump tentang Korea Utara. "Mereka ingin sekali melakukannya. Kami ingin melakukannya."

Sementara itu, pada Sabtu, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berbicara dengan Kim Jong-un di wilayah utara Zona Demiliterisasi yang memisahkan kedua negara Korea "untuk memastikan keberhasilan pertemuan tingkat tinggi AS-Korea Utara" menurut pernyataan Istana Cheongwadae di Seoul yang dikutip AFP.(kn)

Baca juga:
Pemimpin Korut dan Korsel bertemu mendadak jelang pertemuan Trump-Kim
Trump: AS dalam "pembicaraan produktif" soal pemulihan pertemuan dengan Korut

 

Pewarta:
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar