Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani meminta kementerian dan lembaga untuk bersinergi demi kesuksesan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018.

"Kami juga meminta koordinasi dengan cabang-cabang olahraga bisa berjalan secara efektif agar mereka dapat mengibarkan Merah-Putih saat Asian Games dan Asian Para Games," kata Menko PMK Puan selepas menggelar rapat tingkat menteri di Jakarta, Rabu.

Puan mengatakan persiapan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games seperti arena pertandingan, keamanan, hingga prestasi dapat mengutamakan efisiensi dan efektivitas.

"Asian Games akan diikuti 45 negara. Sedangkan Asian Para Games akan diikuti 43 negara. Kami sudah membahas persoalan keamanan dengan Kepolisian RI serta TNI," kata Puan.

Puan juga meminta Menteri Pemuda dan Olahraga serta Komandan Kontingen (Chef de Mission/CdM) Asian Games dan Asian Para Games membahas target prestasi dengan pengurus cabang-cabang olahraga.

Rapat tingkat menteri tentang persiapan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games itu dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Rudi Antara, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Sosial Idrus Marham, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Kemudian, Ketua Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari, Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Sjafrie Sjamsoeddin, CdM Asian Games 2018 Komjen Pol. Syafruddin, dan CdM Asian Para Games 2018 Arminsyah.

CdM Asian Games 2018 yang juga Wakil Kepala Kepolisian RI Syafruddin mengatakan keamanan penyelenggaraan Asian Games maupun Asian Para Games semakin kondusif menyusul pengesahan Revisi Undang-Undang Terorisme.

"Kejadian beberapa pekan lalu di Jakarta, Surabaya, dan Riau itu sudah ada pengembangannya dan dapat dikendalikan. Pengamanan situasi secara keseluruhan termasuk arus mudik, pemilu kepala daerah, serta asian games itu satu paket," kata Syafruddin.

Baca juga: Puan Maharani ajak warga meriahkan Asian Games

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018