Jakarta (ANTARA News) - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiapkan sembilan terminal bus guna mengantisipasi lonjakan penumpang selama musim mudik Lebaran 2018.

"Ada sembilan terminal yang kami siapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Sembilan terminal itu sudah dipersiapkan pada H-8 Lebaran, yaitu Kamis (7/6)," kata Kepala Dishub DKI Andri Yansyah di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, dari sembilan terminal yang disiapkan itu, empat di antaranya merupakan terminal utama, antara lain Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Tanjung Priok dan Terminal Pulo Gebang.

"Sedangkan lima lainnya merupakan terminal bus bantuan, yaitu Terminal Pinang Ranti, Terminal Grogol, Terminal Rawamangun, Terminal Lebak Bulus dan Terminal Muara Angke," ujar Andri.

Sebelum beroperasi, dia mengatakan Dishub akan mengecek kelaikan bus melalui uji KIR. Selain itu, juga mengecek kelengkapan peralatan kesehatan yang ada di dalam bus, terutama kotak P3K.

"Bus yang sudah dinyatakan lulus tes uji kelaikan jalan akan kami pasangi stiker. Kami mengimbau agar para pemudik berangkat dari sembilan terminal yang kami sediakan itu," tutur Andri.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan sebelum berangkat, seluruh awak bus wajib melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes urine di posko kesehatan yang telah disediakan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Badan Narkotika Provinsi (BNP).

"Kalau diketahui ada sopir yang berada dalam kondisi tidak sehat, maka akan langsung diistirahatkan, tidak boleh berangkat. Sedangkan sopir yang positif narkoba akan kami serahkan kepada pihak kepolisian," ungkap Andri. 

Baca juga: Dishub DKI siapkan 585 bus bantuan Lebaran

Baca juga: Pesan Gubernur DKI kepada pemudik Lebaran

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018