Pemerintah DKI Jakarta telah menyiapkan pengolahan air untuk sungai di sekitar area Wisma Kemayoran."
Jakarta (ANTARA News) - Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) meminta koordinasi promosi Asian Para Games dengan Kementerian Pariwisata menyusul empat bulan jelang penyelenggaraan pada 6 Oktober 2018.

"Kami akan mendorong komunikasi yang lebih intensif dengan Kementerian Pariwisata agar Asian Para Games bukan hanya acara olahraga melainkan juga etalase Indonesia," kata Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari di Jakarta, Kamis.

INAPGOC, menurut Okto, telah menggelar beberapa kali rapat koordinasi dengan Kementerian Pariwisata termasuk memberikan bahan-bahan terkait promosi pesta multi-cabang olahraga disabilitas tertinggi di Asia itu.

"Semestinya, Kementerian Pariwisata itu menjadi pemimpin promosi Asian Games dan Asian Para Games, terutama promosi di luar negeri. Asian Para Games ini kan acara internasional," katanya.

Baca juga: INAPGOC masih membuka lowongan sukarelawan APG 2018

Selain Kementerian Pariwisata, INAPGOC melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani sebagai Ketua Dewan Pengarah Asian Para Games juga telah meminta dukungan promosi kepada Kementerian Luar Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Fokus penyelenggaraan Asian Para Games itu bidang pertandingan olahraga, wisma atlet difabel, dan transportasi. Kami sudah menyiapkan semuanya dengan dukungan para pemangku kepentingan dari kementerian dan lembaga," kata Okto.

Ia mengatakan tiga menara wisma atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, telah siap untuk menampung atlet-atlet difabel, terutama para pengguna kursi roda.

"Pemerintah DKI Jakarta telah menyiapkan pengolahan air untuk sungai di sekitar area Wisma Kemayoran," katanya.

Selain promosi, INAPGOC juga akan menggelar sejumlah simulasi pergerakan atlet dan ofisial peserta Asian Para Games 2018 setelah libur Lebaran menyusul pergerakan di arena pertandingan dan area non-pertandingan.

Baca juga: INAPGOC koordinasi penggunaan arena GBK Senayan

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018