Jakarta (ANTARA News) - PT. Kimia Farma (Persero) Tbk pada Sabtu menyatakan bahwa tidak ada korban jiwa dalam tabrakan beruntun yang melibatkan bus rombongan mudik PT Kimia Farma di jalan tol Cipali KM 180, Jawa Barat pada Sabtu siang kemarin (9/6).

Kecelakaan beruntun tersebut melibatkan setidaknya enam kendaraan dan salah satu kendaraan yang terlibat adalah bus Mudik Bareng BUMN 2018 bernomor polisi AD 1722 BD membawa rombongan mudik PT Kimia Farma (Persero) Tbk (Kimia Farma) yang diberangkatkan dari Ancol, Jakarta Utara menuju Solo, Jawa Tengah pada Sabtu pagi.

"Sebanyak 40 penumpang dalam bus mudik Kimia Farma tidak ada yang mengalami luka berat," demikian pernyataan pers Corporate Secretary PT Kimia Farma Tbk pada Sabtu.

Tiada korban jiwa dalam kecelakaan beruntun tersebut.

Adapun beberapa penumpang yang mengalami luka ringan langsung mendapat penanganan medis dengan pemanfaatan peralatan P3K.

Kejadian tersebut telah ditangani secara baik dengan mendatangkan bus mudik pengganti di wilayah Cirebon, Jawa Barat sehingga pada Sabtu sore, seluruh penumpang dapat melanjutkan kembali perjalanan mudik dengan nyaman dan aman.

Baca juga: Mudik bareng BUMN, Mulyani dan Diah merasa terbantu

Tahun ini, Kimia Farma memberangkatkan 16 armada bus Mudik Bareng BUMN 2018 ke berbagai wilayah di Jawa dan Sumatera. Seluruh peserta mudik terlindungi oleh PT Asuransi Jasaraharja Putera.

Kepolisian Resor Cirebon, Jawa Barat, menangani kasus kecelakaan yang melibatkan enam kendaraan di tol Cikopo-Palimanan (Cipali) tepatnya di jalur A jurusan Jakarta menuju ke Jawa Tengah dan menyebabkan dua korban luka ringan.

Kanit Laka Polres Cirebon, Iptu Endang Kusnandar di Cirebon, mengatakan bahwa kecelakaan terjadi sekitar jam 13.30 WIB, di tol Cipali KM 181.700 jalur A jurusan Jakarta menuju kearah Jateng termasuk Desa Budur, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon.

Endang mengatakan kecelakaan itu melibatkan enam kendaraan yaitu Bus Handoyo AA-1412-DA, Bus Pandawa AD-1722-BD, Bus Parawisata Metropolitan E-7820-VB, Toyota Inova B-1446-VFA, Suzuki Ertiga B-1059-WMO dan Honda Brio B-2636-BZC.

Endang mengungkapkan karena kurang konsentrasi dan kurang hati-hati serta antisipasi pengemudi kendaraan Bus Handoyo AA-1412-DA yang melaju dijalan Tol KM 181.700 jalur A jurusan Jakarta menuju ke arah Jateng menabrak beruntun kendaraan Bus Pandawa AD-1722-BD.

Selanjutnya bus menabrak kendaraan Bus Pariwisata Metropolitan E-7820-VB lalu menabrak kendaraan Toyota Innova B-1446-VFA yang kemudian menabrak kendaraan Suzuki Ertiga B-1059-WMO dan sampai akhirnya menabrak Honda Brio B-2636-BZC yang melaju searah di depannya.

Baca juga: Rombongan mudik bareng Jasa Raharja sampai Yogyakarta

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018