Biak (ANTARA News) - Sedikitnya 1.200 pemudik penumpang kapal memadati pelabuhan laut Biak, Papua untuk berlebaran di kampung halaman dengan menggunakan jasa angkutan KM Ciremai, Senin pagi.

Pantauan Antara di pelabuhan Biak, Senin pukul 06.30 WIT pengamanan arus keberangkatan penumpang dan kedatangan penumpang di pelabuhan laut Biak tampak lancar dan tertib karena mendapat pengaturan pengamanan aparat gabungan dari Subsektor KP3 pelabuhan, Kesatuan Pengamanan Laut dan Pantai serta security PT Pelni.

Beberapa penumpang kapal yang berangkat tampak mendapat pemeriksaan tiket dan kartu tanda penduduk untuk mengecek data penumpang dengan tiket.

"Sebelum naik kapal setiap penumpang harus mendapat pemeriksaan tiket dan kartu identitas KTP, ya untuk menccocokan data nama penumpang," ungkap beberapa petugas keamanan gabungan.

Kepala PT Pelni Biak Bambang mengatakan kapal penumoang KM Ciremai merupakan kapal terakhir yang mengangkut arus mudik dari pelabuhan laut Biak.

"Sesuai dengan jadwal keberangkatan kapal penumpang KM Ciremai akan berangkat dari pelabuhan Biak 12 Juni," ungkap Bambang menanggapi pelayanan arus mudik di pelabuhan Biak.

Berdasarkan data diperoleh Antara dari posko layanan angkutan mudik lebaran Biak, Senin dilaporkan seribuan pemudik dengan berbagai tujuan diberangkatkan dari pelabuhan Biak Selasa (12/6) pukul 07.30 WIT.

Rute pelayanan arus keberangkatan KM Ciremai Biak-Jayapura, Manokwari, Sorong, Bau-bau-Makassar, Surabaya dan pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Hingga pukul 07.30 WIT menjelang H-3 lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah aktivitas warga berjalan lancar seperti angkutan umum, pelabuhan, bandara, pertokoan dan pasar tetap beroperasi normal melayani kebutuhan masyarakat.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018