Angelina Jolie berkunjung ke Irak

Angelina Jolie berkunjung ke Irak

Utusan Khusus UNHCR aktor Angelina Jolie berpartisipasi dalam konferensi pers di markas pusat NATO di Brussels, Belgia, Rabu (31/1/2018). (REUTERS/Yves Herman)

Erbil, Irak (ANTARA News) - Angelina Jolie berkunjung ke Mosul, Irak bagian utara dalam kapasitas dirinya selaku utusan khusus UNHCR, agar warga dunia mengingat ada penduduk yang sedang membangun kembali kota tempat tinggal mereka.

Sang aktris berjalan di sepanjang jalan yang hancur akibat bom dan bertemu dengan warga yang bertahan di Mosul, menurut video dan foto dari UNHCR yang dikutip Reuters.

“Ini kehancuran terburuk yang pernah saya lihat selama bersama dengan UNHCR. Orang-orang di sini kehilangan semuanya,” kata Jolie melalui keterangan resmi.

“Mereka hidup dalam kemiskinan. Mereka tidak punya obat untuk anak-anak dan banyak yang tidak punya akses ke air atau kebutuhan dasar lainnya. Saya harap akan ada komitmen berkelanjutan untuk membangun kembali dan memantapkan kota ini. Saya memanggil komunitas internasional agar tidak melupakan Mosul,” kata dia.

Tentara Irak merebut Mosul dari militan Islamic State pada Juli 2017, yang menduduki kota tersebut selama tiga tahun. Kehidupan berangsur normal di beberapa bagian kota Mosul, penduduk mulai meninggalkan kamp pengungsian dan kembali ke rumah.

Kota tua di Mosul barat menjadi bagian yang rusak berat, pembangunan di sana berjalan lambat.

Jolie sudah bergabung dengan UNHCR sejak 2001, dia mengunjungi berbagai tempat di dunia, antara lain Irak, Kenya dan Kamboja. Jolie, menurut UNHCR, sudah lima kali berkunjung ke Irak.

Baca juga: Angelina Jolie peroleh anugerah kemanusiaan
Baca juga: Angelina Jolie jual perhiasan untuk danai sekolah
Baca juga: Angelina Jolie, si cantik di balik sekolah Afganistan

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar