Indonesia incar ribuan wisman Polandia

Indonesia incar ribuan wisman Polandia

Wisatawan berwisata di kawasan Pantai Kuta, Badung, Bali. (ANTARA /Fikri Yusuf)

Jakarta (ANTARA News) - Indonesia mengincar wisatawan mancanegara (wisman) asal Polandia hingga Oktober 2018 melalui program penggunaan pesawat charter LOT Polish Airline mulai Senin (25/6).

Asdep Pengembangan Pemasaran II Regional IV (Eropa) Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Agustini Rahayu, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, mengatakan pihaknya menyambut 2540 wisman asal Polandia yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali dengan menggunakan pesawat charter LOT Polish Airline pada Senin (25/06).

"Total keseluruhan wisman asal Polandia yang akan datang berjumlah 2540 orang sampai Oktober 2018," katanya.

Rombongan yang tiba hari ini merupakan grup pertama dari total 10 grup yang akan datang dan berlibur ke Indonesia.

Acara penyambutan ini juga dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M Fachir; Duta Besar RI untuk Polandia, H.E. Peter F Gontha; serta Duta Besar Polandia untuk Indonesia, H. E. Beata Stoczyñska.

Kedatangan wisman asal Polandia ini merupakan bentuk kerja sama program charter penerbangan langsung Warsawa ? Denpasar sejak 2016.

"Setiap kelompok wisman Polandia akan berlibur di Indonesia selama 14 hari. Hal tersebut tentunya akan berdampak positif dalam upaya pencapaian target kunjungan wisman ke Indonesia, dan Kementerian Pariwisata sangat mengapresiasi bentuk kerja sama ini,? tambah Agustini.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya keunggulan wisman Eropa adalah pada spread atau spending-nya dengan rata-rata 1.538 dolar AS tiap satu wisman per kunjungan.

"Meskipun jumlah wisatawan China lebih besar dari sisi total nilai, namun untuk perolehan devisa wisatawan Eropa lebih unggul mencapai 2,6 miliar dolar AS, sedangkan devisa dari wisatawan China sebesar 1,9 miliar dolar AS," kata Menpar Arief.

Angka statistik Kementerian Pariwisata mencatat sekitar 1.862.231 wisman asal negara Eropa berkunjung ke Indonesia sepanjang 2017.

Untuk 2018, Kementerian Pariwisata menetapkan target sebanyak 2.200.000 juta wisman asal Eropa atau 17 juta wisman secara keseluruhan.

Baca juga: Pria Polandia diselamatkan setelah tujuh bulan terdampar di Samudra Hindia

Baca juga: "Marlina" menangi penghargaan di Polandia

Baca juga: SpaceX tunda rencana kirim turis keliling bulan

Baca juga: Menpar terapkan strategi atasi anjloknya kunjungan wisman

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Manado-Davao, Kemenpar gandeng 17 agen perjalanan Manila

Komentar