Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim nasional Kroasia Zlatko Dadic memutuskan untuk mengistirahatkan gelandang Barcelona Ivan Rakitic saat timnya meladeni Islandia dalam laga pamungkas penyisihan Grup D Piala Dunia 2018 di Stadion Rostov Arena, Rostov-on-Don, Rusia, Rabu dini hari WIB.

Rakitic menjadi satu dari sembilan perubahan yang dilakukan Dadic terhadap skuat Kroasia untuk laga melawan Islandia dibandingkan pertandingan sebelumnya, ketika mereka menghancurkan Argentina tiga gol tanpa balas.

Hanya dua nama yang bertahan yakni kapten Luka Modric dan sayap kiri Ivan Perisic, sisanya merupakan upaya Dadic merotasi kebugaran para pemainnya agar siap menghadapi putaran 16 besar.

Di bawah mistar gawang kini dihuni kiper KAA Gent Lovre Kalinic. Di hadapan Kalinic, kuartet pertahanan Kroasia diisi Tin Jedvaj, Vedran Corluka, Duje Caleta-Car dan Josip Pivaric.

Sementara Milan Badelj akan mendampingi Modric di poros lini tengah di belakang trio Marko Pjaca, Mateo Kovacic dan Perisic yang menyokong penyerang tunggal Andrej Kramaric.

Kroasia hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa memastikan diri sebagai juara Grup D dan menghadapi Denmark yang lolos sebagai peringkat kedua Grup C di putaran 16 besar nanti, namun kesempatan untuk mengikuti jejak Uruguay meraih sembilan poin penuh juga tak bisa dilewatkan begitu saja.

Baca juga: Prediksi Islandia vs Kroasia

Baca juga: Hadapi Nigeria, Sampaoli kembali pakai 4-2-3-1 untuk Argentina

Baca juga: Hasil dan klasemen akhir Grup C, Prancis pertama Denmark kedua


Sebaliknya, pelatih Islandia Heimir Hallgrimson memutuskan untuk memakai skema 4-2-3-1, setelah formasi 4-4-2 yang mereka pakai di laga sebelumnya berujung kekalahan 0-2 dari Nigeria dan skema 4-4-1-1 di laga pertama hanya berbuah skor 1-1 kontra Argentina.

Dibandingkan laga sebelumnya setidaknya ada tiga nama baru di skuat Islandia, yakni sayap Johann Berg Gudmundsson, gelandang Emil Hallfredsson dan bek Sverrir Ingi Ingason.

Kemenangan tidak serta merta meloloskan Islandia ke putaran 16 besar, laga lain antara Nigeria kontra Argentina harus berakhir imbang dan Islandia bisa mengungguli selisih gol dan/atau agresivitas gol Nigeria.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi FIFA :

Islandia (4-2-3-1): Hannes Thor Halldorsson; Birkir Mar Saevarsson, Ragnar Sigurdsson, Sverrir Ingi Ingason, Hordur Bjorgvin Magnusson; Emil Hallfredsson, Aron Gunnarsson; Johann Berg Gudmundsson, Gylfi Sigurdsson, Birkir Bjarnason; Alfred Finnbogason
Pelatih: Heimir Hallgrimson

Kroasia (4-2-3-1): Lovre Kalinic; Tin Jedvaj, Vedran Corluka, Duje Caleta-Car, Josip Pivaric; Milan Badelj, Luka Modric; Marko Pjaca, Mateo Kovacic, Ivan Perisic; Andrej Kramaric
Pelatih: Zlatko Dadic

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018