Jakarta (ANTARA News) - Hasil hitung cepat LSI Denny JA untuk Pilkada Sumatera Selatan hingga pukul 15.17 WIB menunjukkan pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya memperoleh suara sebesar 36,88 persen.

Pasangan tersebut unggul tipis dari pasangan Dodi Reza Alex Noerdin-M. Giri Ramanda Kiemas yang memperoleh suara 31,63 persen, lalu pasangan Ishak Mekki-Yudha Pratomo dengan 21,21 persen, dan pasangan Saifudin Aswari Riva`i-M. Irwansyah dengan 10,29 persen suara.

Dalam data hitung cepat LSI Denny JA, untuk Pilkada Sumatera Selatan hingga pukul 15.17 WIB, persentase data yang diterima sebesar 74 persen dengan vote turnout 67,34 persen dan margin of error 0,10 persen.

Peneliti senior LSI Denny JA, Ardian Sopa mengatakan beberapa varibel kemenangan paslon di Pilkada Sumsel antara lain kepuasan masyarakat terhadap gubernur saat ini yaitu Alex Noerdin. Menurut dia, apabila kepuasan masyarakat positif maka bisa mempengaruhi pasangan Dodi-Giri.

"Anak Gubernur saat ini kan maju dalam Pilkada Sumsel, ketika negatif maka berimbas pada anaknya yang maju dalam Pilkada," ujarnya.

Dia juga mengatakan efektivitas basis dukungan dan kekuatan mesin partai politik pendukung menjadi variabel penentu kemenangan dalam Pilkada Sumsel.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018