Dorongan tersebut diberikan pemerintah provinsi untuk menjamin semua kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat bisa terpenuhi dengan baik
Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyemangati pengelola rumah sakit yang ada di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat menyiapkan pelayanan kesehatan unggulan.

Setiap rumah sakit harus memiliki pelayanan unggulan, sehingga masyarakat tidak terkonsentrasi pada satu rumah sakit saja jika ingin berobat, kata Herman Deru di Palembang Sabtu.

Dia menjelaskan, dalam desain besar pengembangan pelayanan kesehatan, pihaknya berupaya mendorong semua rumah sakit memiliki fasilitas kesehatan baik yang bersifat medis maupun tradisional dengan catatan tidak melanggar aturan yang ada di negara ini.

Dorongan tersebut diberikan pemerintah provinsi untuk menjamin semua kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat bisa terpenuhi dengan baik.

Dengan kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat bisa terpenuhi dengan baik oleh tenaga medis rumah sakit yang ada di daerah ini, masyarakat tidak perlu ke luar Sumsel atau ke luar negeri hanya untuk berobat, katanya.

Selain untuk melayani masyarakat lokal, pelayanan unggulan rumah sakit di daerah ini diharapkan bisa menjadi rujukan nasional.

Pengelola rumah sakit perlu mempromosikan pelayanan kesehatan unggulan seperti penanganan masalah jantung, bayi tabung, gigi dan mulut, bedah tumor dan lainnya.

"Pengelola rumah sakit harus bisa meyakinkan masyarakat nasional bahkan internasional datang ke Palembang dan daerah Sumsel lainnya untuk berobat karena tim medisnya siap dan lengkap secara infrastruktur medis," ujarnya.

Dengan adanya rumah sakit yang memiliki keunggulan dalam pelayanan kesehatan, Kota Palembang dan daerah Sumsel lainnya akan dikenal secara luas di dalam dan luar negeri.

"Saya memiliki keinginan Sumsel menjadi tujuan wisata kesehatan bagi masyarakat nasional bahkan lebih luas lagi bagi masyarakat internasional," ujarnya

Melihat semangat pengelola rumah sakit di provinsi ini yang terus mengembangkan fasilitas pelayanan kesehatan dan meningkatkan kualitas tenaga medis dan non-medis, Gubernur Herman Deru optimistis 'Sumatera Selatan Health Tourism' bisa segera terwujud.

Baca juga: Komisi IX DPR RI soroti kerusakan bangunan RSUP Leimena Ambon
Baca juga: Pertamedika IHC: Pembangunan RS Internasional Bali capai 36,3 persen
Baca juga: Tim medis China sumbang pasokan ke rumah sakit di Zambia

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023