Saya berharap akan ada sinergi yang baik untuk sama-sama memajukan olahraga barongsai di Jakarta ini."
Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR RI Charles Honoris bertekad memajukan olahraga barongsai sekaligus membuat tempat latihan bersama klub-klub barongsai di Jakarta.

Charles Honoris menyampaikan tekad itu dalam sambutannya usai serah terima jabatan ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) DKI Jakarta periode 2018-2022, di Gedung Candra Naya, Jakarta, Sabtu.

FOBI Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta dalam musyawarah provinsi di Gedung Chandra Naya, Jakarta, 5-7 Juli 2018, memilih Charles Honoris sebagai ketua.

Hadir dalam acara serah terima jabatan tersebut, antara lain Ketua Bidang Hukum KONI DKI Jakarta Aldwin Rahardian, Wakil Ketua Umum PB FOBI Haris Chandra, dan Sekretaris Jenderal PB FOBI Xaverius Djunair, serta Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) FOBI DKI Jakarta periode 2014-2018 Andi Hakim.

Charles Honoris mengucapkan terima kasih kepada Pengprov FOBI DKI Jakarta yang memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk memimpin organisasi barongsai selama empat tahun ke depan.

"Ini merupakan tanggung jawab untuk ikut membesarkan olahraga yang juga memiliki nilai seni budaya dan sejarah ini," ujarnya.

Anggota Komisi I DPR RI ini menjelaskan, dirinya akan segera menyerap aspirasi dari pengurus kota FOBI, klub-klub barongsai di DKI Jakarta, maupun para altel barongsai dan kemudian menyusun program kerja.

"Saya berharap akan ada sinergi yang baik untuk sama-sama memajukan olahraga barongsai di Jakarta ini," katanya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini juga menyatakan, akan mempersiapkan kontingen barongsai DKI Jakarta pada Kejuaraan Nasional Olahraga Barongsai yang akan diselenggarakan di Sumatera Barat, pada November 2018.

"Sebelum Kerjunas kita akan menggelar Kejurda DKI Jakarta. Daerah lain yang ingin berpartisipasi boleh ikut serta," katanya.

Untuk program jangka panjang, Charles menyatakan akan membuat tempat latihan bersama yang dapat digunakan oleh klub-klub barongsai di Jakarta.

"Barongsai harus jadi olahraga yang digemari masyarakat Indonesia, baik menyaksikan atraksi maupun ikut serta," katanya menambahkan.

Baca juga: Malaysia, Singapura ikut Festival Barongsai Internasional
Baca juga: Barongsai beraksi di Stasiun Tugu hibur penumpang


 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018