Catatan karir Dani Pedrosa dalam angka

Catatan karir Dani Pedrosa dalam angka

Pebalap Honda, Dani Pedrosa. (motogp.com)

Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Dani Pedrosa, memutuskan pensiun dari MotoGP pada akhir musim 2018. Pengumuman itu disampaikan Pedrosa dalam konferensi pers menjelang balapan seri ke-10 di Sachsenring, Jerman, akhir pekan ini.

Pebalap 32 tahun yang sudah bekerja sama dengan Honda sejak 2001 itu mengakhiri karirnya dengan sejumlah hasil gemilang. Berikut catatan karir Pedrosa dilansir laman MotoGP:

Baca juga: Pedrosa putuskan pensiun dari MotoGP

4.086 - Jumlah poin yang dikumpulkan Pedrosa saat berkarir di semua kelas MotoGP. Catatan itu menjadi yang terbanyak kedua setelah Valentino Rossi (5.974).

285 - Jumlah Grand Prix yang diikuti pebalap Spanyol itu, hanya kalah dari Rossi (373) dan Loris Capirossi (328).

153 - Total podium yang dimiliki pebalap berjuluk 'Little Samurai' di tiga kelas berbeda dan menjadi urutan ketiga terbanyak sepanjang masa.

112 - Total podium kelas utama yang didapatkan Pedrosa. Catatan itu menyamai rekan senegaranya Jorge Lorenzo dari Ducati. Adapun Rossi memiliki catatan terbanyak yaitu 195 kali.

54 - Jumlah kemenangan Pedrosa sepanjang karirnya, menyamai catatan juara dunia lima kali Mick Doohan.

49 - Jumlah posisi pole Pedrosa di semua kelas, terbanyak keenam berdasarkan catatan MotoGP.

3 - Jumlah gelar Juara Dunia yang diraih Pedrosa. Satu kali di kelas 125cc pada 2003. Dua kali di kelas 250 cc pada 2004 dan 2005.

Baca juga: Lorenzo jadi rekan Marquez di Honda mulai musim depan

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar