Jakarta (ANTARA News) - Indonesia berpeluang menambah wakil di babak utama turnamen tenis sirkuit putri seri kedua bertajuk "Pelti-Widya Chandra Women’s Circuit Internasional Tennis 2018" yang akan berlangsung di lapangan tenis Hotel Sultan Jakarta, 17-21 Juli.

Berdasarkan keterangan yang diterima dari Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (Pelti) di Jakarta, Minggu, hal tersebut dipastikan setelah hari Minggu ini, dua petenis muda tuan rumah, Rifanty Kahfiani dan Fitriana Sabrina berhasil memenangi laga awal kualifikasi turnamen berhadiah total 15.000 dolar AS atau sekitar Rp210 juta ini.

Fitriana menang straight set atas petenis Singapura, Sarah Pang 6-2, 6-0. Sedangkan Rifanty harus berjuang keras untuk menyingkirkan Nithya Raj Babu Raj (India) dengan skor ketat 7-6(4), 7-6(2).

Pada final kualifikasi, hari Senin (16/7), Rifanty akan menantang unggulan ketiga asal Australia, Lisa Mays. Sementara Fitriana bakal menjajal ketangguhan seeded kelima dari India, Snehal Mane.

Tuan rumah telah menempatkan lima petenis di babak utama seri kedua kejuaraan tenis internasional khusus putri dalam kalender kompetisi resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) ini.

Juara tunggal seri pertama di Solo, Aldila Sutjiadi menjadi satu-satunya wakil Merah Putih yang lolos langsung (direct acceptance) karena berperingkat ke-753 dunia.

Empat petenis lain, yaitu Deria Nur Haliza, Joleta Budiman dan Fitriani Sabatini serta Priska Madelyn Nugroho masuk babak utama dengan memanfaatkan fasilitas wild card tuan rumah.

"Hampir semua peserta seri pertama di Solo mengikuti seri kedua di Jakarta pekan ini, namun ada petenis dengan peringkat lebih bagus yang hanya ikut seri kedua saja. Hal ini terlihat dari berubahnya komposisi petenis unggulan pekan ini," tutur Direktur Turnamen Pelti-Widya Chandra Women’s Circuit International Tennis 2018 Susan Soebakti.

Menurut Susan, persaingan di turnamen seri kedua ini, tentu saja akan lebih ketat dari seri pertama di Solo yang dihelat sejak awal pekan ini.

"Dan turnamen ini akan menjadi uji coba yang baik bagi petenis Indonesia yang dipersiapkan menuju Asian Games 2018," tutur wanita berkacamata yang juga menjabat sebagai Wakil Sekjen PP Pelti ini.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018